Batik Jember

Melalui Batik Fashion Fair 2019, pengrajin hingga Pemkab Jember memiliki visi untuk mengenalkan Batik Jember ke khalayak luas.

Batik Jember
Tribunnewswiki/Akira Tandika
Salah seorang pengunjung yang mampir ke booth Kabupaten Jember untuk melihat batik khas Jember, Jumat (29/11/2019). 

TRIBUNNEWSWIKI, SurabayaBatik Jember menjadi salah satu kerajinan khas Jawa Timur yang dipamerkan di Batik Fashion Fair 2019 pada 27 hingga 1 Desember 2019, di Exhibition Hall Grand City Surabaya.

Dalam pameran yang digelar oleh Debindo Mitra Tama itu, Batik Jember dipamerkan di booth buatan Pemerintah Kabupaten Jember dengan ornamen kayu menjulang tinggi.

Jadi, tak susah untuk menemukan booth Batik Jember di pameran Batik Fashion Fair 2019.

Booth Pemerintah Kabupaten Jember tampak begitu menonjol di antara yang lain dalam gelaran Batik Fashion Fair 2019, di Exhibition Hall, Grand City, Jumat (29/11/2019).
Booth Pemerintah Kabupaten Jember tampak begitu menonjol di antara yang lain dalam gelaran Batik Fashion Fair 2019, di Exhibition Hall, Grand City, Jumat (29/11/2019). (Tribunnewswiki/Akira Tandika)

Melalui pameran ini, baik pengrajin hingga Pemkab Jember memiliki satu visi yakni, mengenalkan Batik Jember ke khalayak luas sebagai salah satu kerajinan khas Jawa Timur.

Hal itu seperti yang disampaikan Nurul Hidayah, salah seorang pengarjin Batik Jember saat ditemui Tribunnewswiki, Jumat (29/11/2019).

Nurul mengatakan, para pengrajin batik maupun kerajinan tangan lainnya tak pernah putus komunikasi dengan pemerintah.

“Sehingga, ketika mereka memiliki info pameran, entah di dalam kota maupun di luar kota atau bahkan luar pulau sekalipun, pihak terkait akan memberikan info kepada kami,” terang Nurul.

Sejarah Batik Jember

Dilansir dari situs infobatik.id, Batik Jember banyak bergambarkan daun tembakau.

Bukan tanpa alasan, hal itu karena Jember banyak dikenal sebagai kota penghasil tembakau tebesar di Indonesia.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved