Ini 4 Hal yang Bisa Didapat di Komunitas Cinta Berkain Indonesia

KCBI berikan 4 pelajaran seputar kain warsa nusantara di antaranya, memadupadankan kain, mempelajari kain, filosofi kain, dan cara membedakan kain.

Tribunnewswiki/Akira Tandika
Ketua Komunitas Cinta Berkain Indonesia Cabang Surabaya Windrati Wiworo (kiri) dan Humas Reni Dewayani (kanan) mencontohkan cara pemakaian kain. 

TRIBUNNEWSWIKI, Surabaya – Selain mengajak masyarakat untuk melestarikan kain sebagai satu di antara kebudayaan Indonesia, Komunitas Cinta Berkain juga memberikan empat pelajaran ini pada anggotanya.

Empat pelajaran tersebut tentu masih seputar kain warsa nusantara di antaranya, memadupadankan kain, mempelajari kain, mengetahui filosofi kain, serta cara membedakan kain tekstil dan warsa nusantara.

Hal itu disampaikan Komunitas Cinta Berkain saat ditemui Tribunnewswiki dalam acara Batik Fashion Fair 2019 yang digelar di Exhibition Hall Grand City, 27 November – 1 Desember 2019.

1. Memadupadakan kain

Wakil Ketua Komunitas Cinta Berkain Indonesia Cabang Surabaya Enny Handayani menunjukkan beberapa cara sederhana mengenakan kain agar pas untuk digunakan tiap hari.

"Ini saya tunjukkan cara melilitkan kain dengan mudah ala kami. Supaya tidak ada lagi alasan orang-orang tidak memakai kain,” terang Enny.

Enny mengambil sehelai kain yang digunakan untuk pajangan sebagai contoh.

Bagian paling ujung kain diambil Enny untuk dipaskan di depan. Sisanya dililit memutar ke belakang.

Untuk mengeratkan, Enny mempunyai beberapa pilihan, pertama ujung kain belakang dan depan ditali, kedua dieratkan menggunakan gesper, dan ketiga menambahkan tali lain.

Ketua Komunitas Cinta Berkain Indonesia Cabang Surabaya Windrati Wiworo (kiri) dan Humas Reni Dewayani (kanan) mencontohkan cara pemakaian kain.
Ketua Komunitas Cinta Berkain Indonesia Cabang Surabaya Windrati Wiworo (kiri) dan Humas Reni Dewayani (kanan) mencontohkan cara pemakaian kain. (Tribunnewswiki/Akira Tandika)

Setelah itu, Enny melipat bagian kain yang menutup perut, serta merapikan bagian depan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved