Komunitas Cinta Berkain Indonesia

Komunitas Cinta Berkain merupakan sekumpulan perempuan dengan latar pekerjaan berbeda dan miliki misi sama untuk melestarikan budaya bangsa.

Komunitas Cinta Berkain Indonesia
IST
Komunitas Cinta Berkain Indonesia Cabang Surabaya saat ikut mengisi booth dalam Batik Fashion Fair 2019 di Exhibition Hall Grand City, 27 November sampai 1 Desember 2019. 

TRIBUNNEWSWIKI, SurabayaKomunitas Cinta Berkain Indonesia menjadi satu di antara komunitas yang membuka booth dalam acara Batik Fashion Fair 2019 dan digelar oleh Debindo Mitra Tama di Exhibition Hall Grand City, 27 hingga 1 Desember 2019 lalu.

Komunitas Cinta Berkain merupakan sekumpulan perempuan dengan latar pekerjaan yang berbeda, namun memiliki misi sama yakni untuk melestarikan kebudayaan bangsa melalui sebuah kain.

Saat ditemui Tribunnewswiki, Ketua Komunitas Cinta Berkain Indonesia Cabang Surabaya Windrati Wiworo menjelaskan, komunitas ini tak hanya ingin melestarikan kain wastra nusantara, namun juga menumbuhkan rasa kepemilikan pada kain-kain tersebut.

Menurut Windrati, kain wastra nusantara itu beragam. Di antaranya ada batik, tenun, songket, lurik, jumputan, sasirangan, dan masih banyak lagi.

Kain dipilih lantaran merupakan budaya yang sudah dimiliki Indonesia sejak dulu dan kini sedikit mulai terkikis zaman.

Sebagian orang beranggapan mengenakan kain dianggap susah karena pemakaiannya harus dililit dan rapi.

Untuk menepis anggapan itu, Komunitas Cinta Berkain Indonesia ingin memberikan perspektif bahwa mengenakan kain untuk kegiatan sehari-hari itu mudah dan tetap nyaman.

“Sebenarnya mengenakan kain itu mudah. Hanya perlu terbiasa saja. Memakai kain itu bukan hanya untuk datang ke pesta, tapi bisa dipadukan dengan apa saja,” terang Wakil Ketua Komunitas Cinta Berkain Indonesia Cabang Surabaya Enny Handayani.

Profil Komunitas Cinta Berkain Indonesia

Kain Batik Pamekasan bisa disebut sebagai wastra nusantara lantaran melewati proses pemalaman.
Kain Batik Pamekasan bisa disebut sebagai wastra nusantara lantaran melewati proses pemalaman. (Tribunnewswiki/Akira Tandika)

Windrati menjelaskan, Komunitas Cinta Berkain Indonesia telah ada di Jakarta dan dibentuk pada 2012 lalu. Sementara di Surabaya, komunitas ini baru berdiri pada 14 Oktober 2015.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved