Komunitas Cinta Berkain Indonesia Biasakan Anggotanya Kenakan Kain Tanpa Dipotong

Kain wastra nusantara merupakan sebuah karya milik seseorang yang telah menumpahkan tenaga dan waktunya hanya untuk membuat satu helai kain.

IST
Komunitas Cinta Berkain Indonesia Cabang Surabaya saat ikut mengisi booth dalam Batik Fashion Fair 2019 di Exhibition Hall Grand City, 27 November sampai 1 Desember 2019. 

TRIBUNNEWSWIKI, Surabaya – Wakil Ketua Komunitas Cinta Berkain Indonesia Cabang Surabaya Enny Handayani mengatakan, anggota komunitas harus terbiasa mengenakan kain wastra nusantara tanpa dipotong.

Alasannya, kain wastra nusantara merupakan sebuah karya milik seseorang yang telah menumpahkan tenaga dan waktunya hanya untuk membuat satu helai kain.

“Menurut saya, itu kan karya ya, mbak. Apalagi pengrajin itu kadang perlu waktu lama dan tenaga ekstra untuk membuat satu helai kain. Kemudian bayangkan kain itu dipotong. Aduh nggak sampai hati saya,” tutur Enny.

Menyinggung soal keanggotaan, Enny Handayani menjelaskan bahwa untuk menjadi anggota Komunitas Cinta Berkain Indonesia tak memiliki syarat khusus.

Terpenting, tambah Enny, anggota tersebut harus memiliki niat untuk mengenakan dan mempelajari tentang kain.

“Dan pasti harus perempuan, mbak,” imbuh Enny yang kemudian disambut tawa oleh teman-temannya.

Selama ini, Komunitas Cinta Berkain Indonesia mendapat member melalui cara member get member.

Artinya, yang sudah tergabung di dalam komunitas biasanya mengajak serta temannya yang lain.

“Kenapa begitu? Karena kalau misal nggak ada referensi dari teman yang sudah bergabung sebelumnya akan susah. Biasanya itu susahnya, apalagi kalau orangnya agak tertutup dan nggak terbiasa dengan orang baru, susah memulai pembicaraan. Maka dari itu lebih baik sudah memiliki teman sebelumnya dalam komunitas. Biar ada yang nemenin gitu loh, mbak. Ada yang menjembatani,” jelas Enny.

Dalam Komunitas Cinta Berkain, anggota tak hanya kumpul dan membicarakan kain sambil belajar hal-hal yang belum mereka mengerti tentang kain.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved