Yoes Wibowo

Yoes Wibowo merupakan seorang seniman lukis yang telah menyadari keahliannya sejak kecil. Ia terus mengasah kemampuannya hingga berusia remaja.

Tribunnewswiki/Akira Tandika
Pasangan seniman Yoes Wibowo dan Wina Bojonegoro saat berfoto di salah satu karya mereka. 

TRIBUNNEWSWIKI, Surabaya - Yoes Wibowo merupakan seorang seniman lukis yang lahir pada 1 Oktober. Sejak kecil Yoes sadar memiliki keahlian menggambar dan melukis, maka ia terus mengasah kemampuannya hingga berusia remaja.

Hal itu terus dilakukan oleh Yoes dan mendapat tentangan dari orang tuanya. Kala itu, Yoes mendapat tentangan lantaran ingin melanjutkan sekolah menengah dengan kekhususan seni.

Orang tua Yoes ingin dirinya melanjutkan sekolah umum daripada mengambil kekhususan seni. Orang tua Yoes beranggapan bahwa ia sudah mahir menggambar tanpa perlu masuk ke sekolah seni.

Mendapat tentangan seperti itu, Yoes yang masih remaja jelas merasa kesal. Yoes sampai menganggap orang tuanya tak memberi dukungan padanya.

Namun setelah waktu berlalu, Yoes baru merasakan manfaatnya sekarang. Jika saat itu ia kukuh melanjutkan pendidikan di kekhususan seni, Yoes tak akan mendapat link sebanyak sekarang.

Hal itu, lanjut Yoes, karena lingkungan perkembangannya hanya orang-orang yang berkutat di dunia seni. Tak seperti saat ia melanjutkan pendidikan di sekolah umum.

Untuk terus mewujudkan ketertarikannya di dunia seni, seusai lulus sekolah, Yoes sebisa mungkin mencari pekerjaan yang berhubungan dengan itu.

Yoes sempat menjadi seorang dekorator department store. Bahkan pekerjaan paling lama yang ia geluti adalah sebagai desain furniture yakni, selama 20 tahun.

Dari pekerjaan itu, lanjuta Yoes, ia mendapatkan kesempatan untuk berkeliling dunia dan mendapat inspirasi dari banyak tempat.

Lewat hal itu pula Yoes bisa melihat juga merasakan karya-karya orang lain di luar seperti apa.

Yoes menambahkan, lewat perjalanan itu, keinginan dirinya untuk menjadi seorang pelukis makin besar.

Yoes Mulai Mendalami Seni

Meski telah diberi kesempatan bekerja, akhirnya pada 2010 lalu, Yoes memutuskan keluar dari pekerjaannya dan melanjutkan keinginan menjadi seorang pelukis.

Tiap hari, Yoes menghabiskan waktu untuk melukis, meski tak ada pameran ataupun pesanan. Sebab, saat itu, Yoes menganggap dirinya adalah seorang profesional.

Yoes bahkan bisa menghabiskan 24 jam di rumah hanya untuk melukis. Tak sekadar melukis, kadang ia juga mengoreksi beberapa lukisan miliknya seperti, pemilihan warna dan bentuk.

Kendala Yoes Wibowo sebagai Seniman

Selama terjun di dunia seni lukis, kendala terbesar yang dialami Yoes adalah tempat untuk memamerkan karya atau biasa disebut art space.

Menurut Yoes, art space di Surabaya tak terlalu banyak. Paling besar hanya ada di House of Sampoerna, sementara yang lain telah tutup dan tengah dalam pembangunan.

Yoes menganggap art space merupakan sarana penting yang dibutuhkan seniman untuk tempat pamer karya.

Jika tempat-tempat itu tak ada, maka seniman-seniman akan mati karena tak bisa pamer karya untuk dikenal publik.

Tak hanya mengkritik kurangnya sarana untuk pamer karya, Yoes rupanya kini tengah mengerjakan sebuah art space kecil di dekat rumahnya.

Nama: Yoes Wibowo

Lahir: 1 Oktober

Alamat Rumah: dsn semambung purwodadi pasuruan

Riwayat Pendidikan: SMA

Ayah: Sai'in

Ibu: Sholichah

Instagram: yoes_wibowo

Facebook: Yoes Wibowo

Situs: www.yoeswibowo.com

Ikuti kami di
KOMENTAR
162 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved