Pabrik Sirup Siropen Jadi Wisata Heritage Surabaya, Ajak Pengunjung Menilik Proses Produksi

Sejak tahun 2012 lalu, Pabrik Sirup Siropen telah dinobatkan sebagai satu di antara wisata heritage yang bisa dikunjungi di Surabaya.

Pabrik Sirup Siropen Jadi Wisata Heritage Surabaya, Ajak Pengunjung Menilik Proses Produksi
SURYA.co.id/Ahmad Zaimul Haq
Produk sirup Siropen di pabrik tua dikawasan Jalan Meliwis Surabaya, Selasa (18/2/2020), Siropen yang merupakan merek sirup tertua di Indonesia dari Surabaya sejak 1923 punya dua pilihan label yang bisa dipilih, yaitu Siropen Telasih dan Siropen Premium. Siropen Telasih adalah sirup klasik yang ditawarkan dalam varian rasa vanila, melon, jeruk keprok, leci, frambosen, cocopandan, dan arbei. Sementara itu, Siropen Premium dijual dalam botol kaca yang menyerupai kemasan wine (anggur), dan kerap dijadikan buah tangan bagi wisatawan mancanegara. 

TRIBUNNEWSWIKI, Surabaya – Sejak tahun 2012 lalu, Sirup Siropen'>Pabrik Sirup Siropen telah dinobatkan sebagai satu di antara wisata heritage yang bisa dikunjungi di Surabaya.

Saat berkunjung ke Sirup Siropen'>Pabrik Sirup Siropen, wisatawan tak hanya disuguhkan bangunan tua pabrik yang sudah ada sejak zaman Belanda itu.

Namun juga proses pembuatan sirup hingga siap diedarkan.

Lantaran pabrik Sirup Siropen saat ini telah dijadikan sebagai lokasi wisata heritage, Alfian menyebutkan proses pembuatan sirup menjadi daya tarik khusus untuk wisatawan.

"Dengan label sebagai sirup tertua di Surabaya, tentu yang menjadi sorotan wisatawan adalah proses pembuatannya. Maka sangat disarankan bagi wisatawan yang hendak mengunjungi pabrik Sirup Siropen, untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu supaya bisa melihat proses pembuatan sirup," terangnya.

Mengenal Jenis Sirup Siropen yang Jadi Legenda Surabaya

Manajerial Kuat Bisa Jadi Pondasi Membangun Bisnis

Alfian menceritakan, sempat beberapa kali wisatan yang datang ke sini tak mendapat momen saat pembuatan sirup. Akhirnya mereka hanya berjalan-jalan di dalam pabrik, juga sambil menonton video proses pembuatan sirup.

Beruntung, saat Tribunnewswiki dan rekan media lain berkunjung ke pabrik tersebut masih berlangsung proses pembuatan Sirup Siropen.

Setelah masuk ke kantor Sirup Siropen, Alfian mengajak rekan media ke area belakang yang juga terhubung dengan ruang pengemasan sirup.

Saat itu, sirup sudah jadi dan ditampung di dalam gentong tua yang telah ada sejak tahun 1923.

Di ruangan itu, Alfian menunjukkan proses pengemasan Sirup Siropen hingga pemberian label.

Terdapat sekira empat karyawan yang memiliki tugas berbeda-beda.

Satunya fokus mengalirkan sirup dari dalam gentong ke botol-botol, kemudian ia mengoper botol berisi sirup tersebut pada kawannya yang lain untuk diberi tutup botol.

Setelah itu dua karyawan lain bertugas memanaskan segel botol dan memberi label pada botol sirup.

Selain melihat proses pengemasan, Alfian biasanya juga mengajak pengunjung untuk melihat video pembuatan sirup yang sengaja diabadikan dan kemudian diputar kembali nantinya.

Pabrik Sirup Siropen masih mengolah produknya dengan cara konvensional tanpa bantuan mesin. Itu karena saat ini Sirup Siropen'>Pabrik Sirup Siropen telah menjadi cagar budaya yang harus mempertahankan bentuk keasliannya.

Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved