Bukan Menentukan, Orangtua Hanya Mengarahkan Minat dan Bakat Anak

Bonny tak pernah sekalipun berusaha untuk menentukan minat dan bakat kelima anaknya. Ia hanya mengarahkan dan mendukung minat dan bakat sang anak.

Bukan Menentukan, Orangtua Hanya Mengarahkan Minat dan Bakat Anak
SURYA.co.id/Ahmad Zaimul Haq
Bonny Dewayanti tak pernah memaksa sang anak, M Aden Hadi, harus menjadi seperti yang ia inginkan. Ibu lima anak itu hanya mengarahkan dan mendukung apa yang menjadi kesenangan dan keahlian sang anak secara disiplin. 

TRIBUNNEWSWIKI, Surabaya - Bonny Dewayanti tak pernah sekalipun berusaha untuk menentukan minat dan bakat kelima anaknya. Sekalipun salah satu anaknya, M Aden Hadi, merupakan anak dengan autis, Bonny hanya mengarahkan dan mendukung minat dan bakat sang anak.

Untuk mengetahui minat dan bakat Aden, Bonny perlu melakukan tes yang dibantu oleh terapis dan melihat dari kebiasaan sehari-hari sang anak.

Lewat tes Multiple Intelegence Research (IMR), Aden kemudian disebut lebih unggul pada bidang musik, matematika, dan komputer.

Awalnya, Bonny memilih mengarahkan Aden ke bidang musik. Pertimbangannya adalah, ia ingin agar Aden bisa bersosialisasi dengan banyak orang.

"Kalau saya dorong ke matematika dan komputer, takutnya Aden makin terkungkung dengan autisnya. Karena kan matematika dan komputer sifatnya lebih ke individu, beda dengan musik. Kalau musik lebih ke kelompok apalagi di band," terangnya.

Ternyata, Aden juga memiliki ketertarikan pada musik lantaran ia sering menonton acara ajang pencarian bakat.

Menangani Pubertas pada Anak Autis

Tak hanya itu, Bonny juga melihat Aden sering bernyanyi dan tertarik untuk memainkan keyboard setelah menonton ajang pencarian bakat itu.

"Aden cukup lama belajar keyboard sampai dia bisa terpilih mewakili sekolah setiap ada lomba musik atau acara-acara lainnya," tutur Bonny.

Meski telah disebutkan bahwa Aden memiliki bakat di bidang musik, Bonny terus menuntun sang anak supaya mengasahnya lebih baik lagi. Salah satunya dengan mengikutkan Aden kursus musik.

Sebenarnya sejak kecil, bakat menyanyi Aden sudah muncul. Bonny yang sering mendengarkan suara sang anak saat bernyanyi mengaku tak ada fals sama sekali.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved