Jurusan Culinary Business Universitas Ciputra Bagikan 450 Boks Roti Rempah ke Puskesmas Terdekat

Jurusan Culinary Business Universitas Ciputra (UC) berinisiatif bagikan 450 boks roti berbahan rempah untuk menjaga imunitas ke puskesmas terdekat.

Jurusan Culinary Business Universitas Ciputra Bagikan 450 Boks Roti Rempah ke Puskesmas Terdekat
Tribunnewswiki/Akira Tandika
Proses pembuatan Ginger Cheese Bread dan Choco Cumin Muffin oleh Fakultas Culinary Business Universitas Ciputra yang dipimpin oleh Chef Sepsi. Rencananya 450 boks roti berbahan dasar rempah itu akan dibagikan ke puskesmas terdekat, Senin (20/4/2020). 

TRIBUNNEWSWIKI, Surabaya - Jurusan Culinary Business Universitas Ciputra (UC) berinisiatif bagikan 450 boks roti berbahan dasar rempah untuk menjaga imunitas ke puskesmas terdekat.

Puskesmas dipilih karena merupakan salah satu pejuang COVID-19 di garda terdepan yang kadang terlewatkan keberadaannya.

Masing-masing dari boks tersebut akan diisi oleh muffin dan roti isi yang bahannya terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia.

Chef Prasetyon Sepsi Winarno, Dosen Culinary Business, yang memimpin pembuatan roti berbahan rempah mengaku, produksi ini menjadi yang pertama. Juga sebagai salah satu cara terbaru menikmati rempah-rempah asli Indonesia.

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, chef asli Bojonegoro itu harus melakukan empat kali percobaan, hingga memutuskan memilih tiga jenis rempah untuk bahan dasar yakni, kunyit, jahe, dan oregano.

Ramaikan Perayaan Valentine, Hachi Bara Resto Universitas Ciputra Sajikan Menu Choco Lava Spesial

"Kunyit menjadi bahan dasar untuk pembuatan Choco Cumin Muffin. Sementara jahe dan oregano, digunakan untuk pembuatan Ginger Cheese Bread," terang chef yang akrab disapa Sepsi tersebut.

Guna mendapatkan rasa muffin yang tak terlalu kuat rasa kunyitnya, Chef Sepsi menyeimbangkan dengan tambahan coklat blok.

Perbandingannya, untuk satu adonan muffin, dibutuhkan 10 gram bubuk kunyit dan 10 gram coklat blok. Satu adonan ini bisa menjadi kurang lebih 50 cup muffin.

"Kenapa menggunakan kunyit bubuk? Karena untuk efisiensi saja. Itu pun, saya memilih kunyit bubuk yang memiliki ekstraksi paling kuat dibanding lainnya. Jadi meski nanti ada coklat blok untuk penyeimbang, rasa kunyit akan tetap ada," ujarnya.

Sementara itu, untuk adonan Ginger Cheese Bread, Chef Sepsi menggunakan dua jenis tepung yakni, yang memiliki karbohidrat tinggi dan sedang. Perbandingannya adalah 3:4 tiap adonan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved