4 Cara Jadi Konsumen Cerdas Selama Pandemi COVID-19 ala Anita Wijanto

Menurut Direktur Kredivo Anita Wijanto, ada empat hal mendasar yang harus dilakukan masyarakat agar terwujud konsumen cerdas selama masa pandemi ini.

4 Cara Jadi Konsumen Cerdas Selama Pandemi COVID-19 ala Anita Wijanto
IST
Direktur Kredivo, Anita Wijanto bagikan empat cara agar masyarakat menjadi konsumen cerdas selama pandemi COVID-19. 

TRIBUNNEWSWIKI, Surabaya - Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada Senin (20/4/2020) lalu menjadi momentum berbeda lantaran jatuh di tengah Indonesia sedang berperang melawan pandemi COVID-19.

Keadaan yang mendesak membuat masyarakat harus menjadi konsumen cerdas dalam memilah dan memilih barang yang akan dibeli.

Terlebih seiring dengan kebijakan terbaru pemerintah yakni Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terkait pembatasan kegiatan di tempat umum dan berbagai moda transportasi.

Di tengah kondisi saat ini, Direktur Kredivo Indonesia Anita Wijanto melihat terdapat tren perubahan yang signifikan terkait perilaku konsumen.

Perjalanan Indra Nila, Ikut Pelatihan hingga Beri Pelatihan Bagi Masyarakat Berkat Puding

"Menurut riset yang dibuat oleh Nielsen, sebanyak 50 persen masyarakat Indonesia mulai mengurangi aktivitas di luar rumah, dan 30 persen di antaranya mengatakan berencana untuk lebih sering berbelanja online.

Riset yang sama juga menunjukkan keinginan berbelanja secara online ini akan terus meningkat seiring dengan kepatuhan pada PSBB dan kesadaran pribadi untuk menghindari keramaian.

Selain itu, konsumen juga cenderung berbelanja kebutuhan pokok dalam jumlah banyak, yang berpotensi pada lonjakan harga karena pasokan kian menipis," terang Anita Wijanto melalui rilis yang diterima SURYA.co.id, Jumat (24/4/2020).

Dalam kondisi seperti ini, konsumen cerdas disebut memiliki kontribusi bagi roda perekonomian negara. Itu tentu saja dengan diimbangi edukasi yang baik.

Menurut Anita, selama masa pandemi COVID-19, konsumen semakin terdorong untuk berbelanja secara online dan menggunakan fintech agar dapat bertransaksi secara cashless karena adanya kesadaran untuk menerapkan physical distancing.

Tren pergeseran perilaku konsumen tersebut yang seharusnya menjadi kesempatan bagi para pelaku industri untuk semakin mengedukasi masyarakat supaya menjadi konsumen cerdas dan bijak.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved