Perhatikan 3 Hal ini Saat Akan Lakukan Imunisasi Pada Anak di Tengah Pandemi COVID-19

Menurut Pediatrician Consultant ZAP Citra Amelinda, ada tiga hal yang perlu diperhatikan orang tua saat hendak melakukan imunisasi untuk anaknya.

Perhatikan 3 Hal ini Saat Akan Lakukan Imunisasi Pada Anak di Tengah Pandemi COVID-19
IST
Revalina S. Temat melakukan imunisasi dan vaksinasi dengan program yang digalakkan ZAP Health. 

TRIBUNNEWSWIKI, Surabaya - Selama pandemi COVID-19, pemerintah meminta orang tua agar menunda untuk melakukan imunisasi dan vaksinasi pada anak, guna menminimalisir terjadinya penularan virus pada anak.

Padahal, bagi anak yang berusia kurang dari dua tahun, imunisasi dan vaksinasi adalah tindakan penting agar anak terhindar dari virus. Lantaran pada usia tersebut, anak belum bisa membangun antibodi mereka sendiri.

Namun kini, bagi orang tua yang ingin melakukan imunisasi dan vaksinasi pada anak, tetap bisa dilakukan meski dengan protokoler yang sangat ketat.

Menurut Pediatrician Consultant ZAP dr Citra Amelinda SpA IBCLC MKes, terdapat tiga hal penting yang perlu diperhatikan orang tua saat hendak melakukan imunisasi untuk anaknya.

"Pertama adalah orang tua harus melakukan imunisasi atau vaksinasi di tempat yang membedakan antara pasien sakit dan sehat. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kontak dengan pasien yang sakit. Jadi usahakan untuk mendatangi tempat yang hanya melayani pasien sehat," terang Citra Amelinda saat melakukan media briefing secara online, Kamis (4/6/2020).

Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Jatim Anjlok Hampir 100 Persen Imbas COVID-19

Kedua, orang tua wajib melakukan konsultasi secara dan mengatur jam kedatangan secara online.

Citra mengatakan, melakukan konsultasi secara online perlu dilakukan untuk menentukan pengobatan atau vaksin seperti apa yang dibutuhkan oleh si kecil. Selain itu, hal ini juga agar anak tak terlalu lama berada di luar rumah.

"Mengatur jam kedatangan juga penting dilakukan. Kaitannya sama dengan melakukan konsultasi oline. Supaya orang tua dan anak tek berada di luar terlalu lama. Maka, saat jam kedatangan sudah diatur, wajib bagi orang tua agar datang tepat waktu dan segera mendapat pelayanan," tuturnya.

Ketiga, meminimalisir kontak yang tidak perlu. Jika pada fasiitas kesehatan pada umumnya, pasien akan direpotkan dengan proses administrasi yang lama. Sehingga akan melakukan kontak yang sebenarnya tidak diperlukan.

Hal ini juga penting bagi fasilitas kesehatan untuk memberikan pelayanan yang efisien. Seperti, melakukan pra-konsultasi dan mendapat laporan secara paperless.

Teater Kaki Langit Bagikan Ratusan Sembako dari Hasil Pementasan Ora Duwe Pangng (ODP)

Langkah-langkah ini dilakukan untuk memberikan proteksi pada anak. Terlebih bagi mereka yag berusia di bawah dua tahun.

"Karena anak di bawah dua tahun belum bisa memproteksi diri sendiri. Maka penting bagi orang tua untuk memperhatikkan protoler kesehatan seperti ini," imbuhnya.

Selain melakukan imunisasi dan vaksinasi, penting bagi si kecil untuk mendapat asupan makanan yang cukup serta menjaga kesehatan.

Bentuk proteksi tersebut tak hanya akan menghindarkan si kecil dari infeksi COVID-19, namun juga virus lain yang bahkan lebih berbahaya seperti, campak.

Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved