Mengenal Teater Kaki Langit

Teater Kaki Langit diinisiasi oleh Dosen Jurusan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Teguh Sucahyono pada tahun 1998 silam.

Mengenal Teater Kaki Langit
IST
Dokumentasi pementasan Teater Kaki Langit. 

TRIBUNNEWSWIKI, Surabaya - Teater Kaki Langit diinisiasi oleh Dosen Jurusan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Teguh Sucahyono pada tahun 1998 silam.

Tak sendiri, Teguh bersama beberapa mahasiswanya mencoba menghidupkan seni pertunjukkan teater di kampus pada sat itu.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh salah satu anggota Teater Kaki Langit, RB Abd Gani saat dihubungi, Sabtu (13/6/2020).

Berjalan selama dua tahun, Teater Kaki Langit sempat terpisah lantaran kampusnya yang juga terbagi di dua lokasi yakni, kampus Lidah Wetan dan kampus Ketintang.

"Tahun 2000-an, akhirnya berdiri di kampus Lidah Wetan. Tujuannya supaya teman-teman yang ingin berteater saat itu tak perlu jauh-jauh ke Ketintang," terang pria yang kini menjadi Ketua Biro Teater Dewan Kesenian Kabupaten Mojokerto.

Dengan umur yang seumur jagung kala itu, Teater Kaki Langit telah sempat membuat pertunjukkan di beberapa kota di Jawa Timur seperti Probolinggo, Malang, Surabaya, Mojokerto, dan beberapa kota lainnya.

Seiring berjalannya waktu, Teater Kaki Langit mencoba kembali bangkit dengan anggota-anggota muda dan semangat baru.

"Saat ini pun Teater Kaki Langit telah menjadi komunitas independen yang tidak lagi bernaung di bawah Unesa," ujar Abd Gani.

Setelah menjadi komunitas independen, Teater Kaki Langit ingin menjadi wadah bagi orang yang ingin berkesenian lewat teater.

"Karena kami ingin melakukan teater yang tak hanya sekadar berteater. Seperti saat pandemi, banyak sektor yang terdampak COVID-19. Melalui teater, kami bisa berkarya sekaligus bedonasi," ujar Manajer Divisi Produksi Teater Kaki Langit Surabaya Rekha Aqsoliafitrosah.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved