Melihat Koleksi Bersejarah di Museum Lapas Lowokwaru Kota Malang

Lapas Kelas 1 Lowokwaru Malang kini memiliki tempat wisata baru berupa museum yang baru saja diresmikan pada 16 Juni 2020.

Melihat Koleksi Bersejarah di Museum Lapas Lowokwaru Kota Malang
SURYA.CO.ID/Rifky Edgar
Kakanwil Kemenkumham Jatim, Krismono, saat menunjukkan wajan berukuran raksaaa yang menjadi koleksi Museum Lapas Lowokwaru Malang 

TRIBUNNEWSWIKI, Malang - Lapas Kelas 1 Lowokwaru Malang kini memiliki tempat wisata baru berupa museum yang baru saja diresmikan pada 16 Juni 2020.

Museum yang terletak di dalam lapas tersebut memiliki sejumlah koleksi yang berasal dari dalam Lapas Lowokwaru Malang.

Lapas Lowokwaru Malang yang berdiri sejak tahun 1918 itu memiliki puluhan macam koleksi benda antik bersejarah.

Mulai dari kendaraan kuno, ranjang besi, genset kuno, hingga wajan berukuran raksasa yang menjadi unggulan dalam museum tersebut.

Ide awal pembuatan museum di Lapas Lowokwaru Malang berawal dari petugas lapas saat membersihkan sejumlah ruangan yang ada di dalam lapas.

Di saat itulah, mereka menemukan sejumlah barang antik berikut foto-foto arsip dari Lapas Lowokwaru Malang.

Melihat hal tersebut, Kalapas Lowokwaru Malang, Anak Agung Gede Krisna akhirnya berinisiatif untuk membuat sebuah museum di Lapas Lowokwaru Malang.

Barang-barang peninggalan dari Lapas Lowokwaru Malang akhirnya dikumpulkan dan ditata sedemikian rupa untuk dijadikan sebagai koleksi museum.

Dengan adanya museum tersebut, menjadikan Lapas Lowokwaru Malang menjadi satu-satunya lapas di Indonesia yang telah memiliki museum.

House of Sampoerna (Museum Tembakau Surabaya)

"Intinya dengan adanya museum ini kami ingin mengenalkan sejarah dan mengumpulkan barang-barang antik dari Lapas Lowokwaru Malang," ucapnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved