Terinspirasi Tenaga Medis, Desainer Alben Ayub Rancang APD Fashion dengan Model Santai

Desainer asal Surabaya Alben Ayub Andal kemudian terinspirasi membuat APD bagi masyarakat yang terpaksa melakukan aktivitas di luar rumah.

Terinspirasi Tenaga Medis, Desainer Alben Ayub Rancang APD Fashion dengan Model Santai
SURYA.co.id/Sugiharto
Dua orang model memperagakan busana yang terbuat dari kain waterproof di Atrium Ciputra World Surabaya, Sabtu (20/6/2020). Busana waterproof karya dari Alben Ayub ini terinspirasi dari baju Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan petugas medis saat menangani pasien COVID-19. 

TRIBUNNEWSWIKI, Surabaya - Banyak cara yang dilakukan untuk mengurangi penyebaran COVID-19. Termasuk yang dianjurkan pemerintah untuk tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah.

Lalu bagaimana bila orang tersebut terpaksa harus melakukan aktivitas di luar rumah?

Desainer asal Surabaya Alben Ayub Andal kemudian terinspirasi membuat Alat Pelindung Diri (APD) bagi masyarakat yang terpaksa melakukan aktivitas di luar rumah.

Tak perlu membayangkan APD seperti yang dikenakan oleh tenaga medis di rumah sakit. Karena APD fashion buatan Alben Ayub justru terkesan sangat santai, bahkan tak terlihat seperti APD.

"Jadi memang inspirasi membuat busana APD ini adalah dari tenaga medis. Namun juga dikreasikan dengan sebaik mungkin supaya terlihat santai," ujar Alben Ayub saat ditemui di booth D2-I Ciputra World Surabaya.

Saat ini, Alben Ayub membuat dua jenis busana APD fashion yakni, bomber jaket dan busana khusus hijab.

Disebut APD, lantaran Alben memang memilih jenis kain yang waterproof. Sehingga akan lebih aman dipakai oleh masyarakat, terutama saat sedang berada di luar rumah.

Menikah di Tengah Pandemi, Pengantin Asal Surabaya ini Pasrah Cuma Bisa Gelar Akad Sederhana

Alben menyebutkan, meski terbuat dari bahan waterproof, tapi busana ini tidak akan terasa panas saat dipakai.

"Busana ini memang tahan air, tapi tidak membuat gerah. Karena saya memilih kain menyerupai katun dengan bahan polyester, sehingga tidak akan membuat si pemakai merasa panas," ungkapnya.

Alben menyarankan, saat mengenakan busana ini sudah tidak perlu lagi mengenakan aksesoris yang berlebihan seperti kalung atau pun gelang.

"Karena untuk busana ini saya tidak memakai style yang glamour. Jadi cukup didukung dengan pemakaian yang simple saja agar busanya lebih terlihat," tutur Alben.

Melihat Koleksi Bersejarah di Museum Lapas Lowokwaru Kota Malang

Sementara itu, untuk merawat busana ini, Alben mengaku tak memerlukan perawatan khusus. Cukup dicuci dengan air hangat atau air biasa.

"Kemudian ditambahkan sedikit deterjen cair untuk membersihkan noda-noda yang menempel dan direndam sebentar saja," katanya.

Untuk masa bertahan APD fashion ini, Alben tidak berani mengungkapkan secara pasti lantaran belum ada riset lebih jauh tentang itu.

Namun biasanya, ia menghitung busana tersebut bisa bertahan hingga 30 kali pemakaian.

Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved