3 Permasalahan Kulit ini Sering Dikeluhkan Selama Masa New Normal

Selama masa new normal, Dermatology & Venereology Specialist Listya Paramita melihat, ada tiga permasalahan kulit yang kerap dikeluhkan masyarakat.

3 Permasalahan Kulit ini Sering Dikeluhkan Selama Masa New Normal
Tribunnewswiki/Akira Tandika
Hasil tangkap layar konferensi digital We the Health via aplikasi Zoom, Sabtu (27/6/2020). Menampilkan Dermatology & Venereology Specialist Listya Paramita yang memberikan tip penanganan masalah kulit selama masa pandemi. 

TRIBUNENWSWIKI, Surabaya - Selama masa new normal, Dermatology & Venereology Specialist Listya Paramita melihat, ada tiga permasalahan kulit yang kerap dikeluhkan oleh masyarakat. Di antaranya, kulit kering, berjerawat, dan menggelap.

1. Kulit kering

Kulit keirng biasanya terjadi pada bagian telapak tangan lantaran kerap menggunakan hand sanitizer. Selama masa pandemi, penggunaan hand sanitizer memang dianjurkan sebagai upaya mencegah menyebarnya virus pada diri sendiri.

Daripada hand sanitizer, Listya lebih menyarankan masyarakat untuk membersihkan tangan menggunakan air mengalir dan sabun pencuci tangan.

"Saya sebenarnya tidak seberapa menganjurkan pemakaian hand sanitizer terlalu sering. Karena kandungan alkohol dalam hand sanitizer juga tidak terlalu baik pada kulit, terutama mereka yang memiliki masalah kulit sensitif," ujarnya dalam konferensi digital We the Health yang digelar, Sabtu (27/6/2020).

Listya lebih menganjurkan masyarakat untuk lebih rajin mencuci tangan. Baginya, hand sanitizer lebih baik digunakan dalam keadaan darurat, terutama saat bepergian.

Tips Membersihkan dan Merawat Tas Kulit Branded

6 Tahapan Mudah Miliki Kulit Sehat Selama di Rumah Saja

Namun, dalam mencuci tangan juga perlu memperhatikan beberapa aspek agar tak membuat kulit kering.

Pertama, pilih sabun cuci tangan yang mengandung pelembab, vitamin, dan mineral oil. Juga, hindari penggunaan sabun yang mengandung antiseptik.

"Karena efek yang ditimbulkan antara penggunaan sabun antiseptik dan hand sanitizer sama," imbuhnya.

Listya pun mengingatkan pada masyarakat untuk tidak menggunakan hand sanitizer setelah cuci tangan. Hal tersebut ia katakan lantaran banyak sekali orang di sekitarnya yang melakukan ini.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved