Kaldu Jadi Kunci Kenikmatan Nasi Goreng Kambing ala Luminor Hotel

Menurut Sukismanto selaku Co-Chef Luminor Hotel Surabaya, kaldu kambing masih bisa digunakan untuk campuran memasak nasi goreng.

SURYA.co.id/Habibur Rohman
KAMBING NASI - Tekstur tidak keras dan aroma tidak menyengat merupakan satu diantara beberapa macam racikan daging kambing yang ditampilkan Hotel Luminor Jemursari Surabaya. Sajian ini bisa disajikan dengan nasi, telur dan salad. 

TRIBUNNEWSWIKI, Surabaya - Tak hanya sapi dan ayam yang bisa diolah menjadi kaldu, kambing pun sebenarnya bisa. Namun, karena aroma daging kambing yang khas, tidak semua masakan bisa dimasak dengan kaldu kambing.

Menurut Sukismanto selaku Co-Chef Luminor Hotel Surabaya, kaldu kambing masih bisa digunakan untuk campuran memasak nasi goreng.

"Tak perlu memakai banyak kaldu kambing, hanya gunakan secukupnya untuk membuat pasta nasi goreng," terangnya saat ditemui di Luminor Hotel Surabaya beberapa waktu lalu.

Co-Chef yang akrab disapa Kis itu mengatakan untuk membuat pasta nasi goreng, bumbu yang diperlukan yakn, bawang merah, bawang putih, kunir, dan jahe.

Selain itu, ada beberapa rempah-rempah lainnya yang turut menjadi bahan pembuat pasta seperti, kapulaga, cengkeh, dan pekak.

"Rempah-rempah yang dimasukkan sebagai pasta nasi goreng ini banyak manfaatnya. Tak hanya memperkaya rasa nasi goreng, namun juga menyamarkan bau khas kambing. Selain itu, di masa pandemi seperti sekarang ini, rempah-rempah sangat dibutuhkan sebagai penambah imun," jelas Chef Kis.

Chef Kis menambahkan, agar tidak terlalu banyak mencampurkan kunir dalam bumbu. Cukup satu ruas jari saja atau sesuai porsi nasi goreng yang akan dibuat.

Yusril Ihza Visualkan Amarah Istri Arjuna Dalam Projek Kolaborasi Tari dan Puisi

Hal itu karena, apabila kunir terlalu banyak, rasa nasi goreng akan terasa pahit.

Apabila porsi bahan sudah pas, maka tinggal menghaluskan semuanya secara bersamaan. Setelah itu ditumis tanpa minyak hingga airnya berkurang.

"Kalau airnya sudah berkurang, potongan daging kambing atau tulang rusuknya bisa dimasukkan ke dalam pasta, untuk penyedap," tuturnya.

Setelah matang, pisahkan daging dan tulang kambing dengan pasta yang akan dibuat menjadi bumbu nasi goreng.

Tahapan pembuatan nasi goreng kambing selanjutnya tak jauh berbeda dari cara umum.

Rayakan Idul Adha 1441 H dengan Sajian Lamb Leg Curry Sandwich ala Luminor Hotel Surabaya

Cukup menumis pasta dengan sedikit minyak, kemudian ditambahkan garam dan merica sesuai selera. Setelah itu, masukkan nasi. Sesuaikan bumbu dan porsi nasi agar tidak terasa hambar apabila sudah dicampur.

"Kambing yang sudah dipisah lagi, bisa dimasukkan kembali ke dalam nasi goreng. Atau jika ingin kreasi lain, bisa digoreng secara terpisah," ujar Chef Kis.

Chef Kis mengatakan, lebih baik menghidangkan nasi goreng dengan daging yang digoreng secara terpisah. Karena akan memberikan tekstur berbeda yakni, nasi lembut dan daging renyah.

Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved