Luxie Diandra Maknai Hari Batik Nasional, Berencana Desain Pesawatnya dengan Batik

Di Hari Batik Nasional, Crazy Rich Surabaya Luxie Diandra berharap batik tidak hanya dikreasikan sebagai busana saja, tapi juga desain interior.

Penulis: Akira Tandika
Editor: Akira Tandika
IST
Luxie Diandra mengenakan busana Batik Nusantara hasil rancangannya. Ke depan, ia berharap kreasi batik tidak hanya berhenti sebagai busana dan aksesoris. 

TRIBUNNEWSWIKI, Surabaya - Bagi Crazy Rich Surabaya Luxie Diandra, Hari Batik Nasional tidak hanya sekadar perayaan saja. Namun, Hari Batik Nasional menjadi perayaan yang spesial bagi Luxie, lantaran juga merupakan bagian dari pekerjaannya.

Ya, Luxie merupakan satu di antara sekian desainer Indonesia yang menggunakan batik sebagai busana rancangannya. Bahkan, pemilik brand LD ini memiliki keinginan untuk membuat batik dapat mendunia.

Keinginan tersebut tak hanya dilakukan sebagai pengenalan pada dunia, namun juga agar masyarakat Indonesia paham keindahan batik yang merupakan warisan budaya.

"Biasanya saya merancang batik sebagai busana modern agar bisa dipakai oleh seluruh usia. Kadang juga dikombinasi dengan kain armani, brokat, tile, dan lainnya," ujarnya saat dihubungi, Jumat (2/10/2020).

Luxie melanjutkan, untuk busana pria, ia biasanya mengombinasikan batik dengan kain armani. Sementara busana wanita, kebanyakan dikombinasi dengan jeans sebagai jaket atau outer, dan brokat.

Tak terpaku pada satu daerah, Luxie kerap memakai batik dari beragam daerah. Bahkan, terakhir ia menggunakan Batik Ambon dan Batik Sumenep Madura.

"Tapi kalau saat ini, saya belum kesampaian mencoba semua Batik Nusantara. Jadi baru di beberapa daerah saja," imbuhnya.

Sesuai dengan keinginannya, Luxie kerap melakukan campaign lewat foto-foto berkonsep menarik untuk koleksi busana rancangannya. Terakhir kali, ia melakukan foto di hanggar pesawat.

"Selain untuk foto koleksi busana, hal itu saya lakukan juga karena ingin agar masyarakat tahu keindahan batik nusantara yang cocok dikenakan di beragam kesempatan," terang Luxie.

Tapi, lewat foto itu juga Luxie memiliki pesan tersembunyi, terutama bagi milenial Indonesia sebagai generasi penerus bangsa.

"Jadi sejujurnya saya ingin mengajak anak muda itu bisa jadi lebih kreatif lagi dengan batik. Entah itu semakin banyak yang mengenakan batik, membuat desain kreasi batik, atau lain sebagainya," ungkap Luxie.

Luxie mengaku, ke depan tidak hanya busana saja yang ia kreasikan dengan batik, namun juga pesawat Cessna miliknya. Karena ia merasa, mengkreasikan batik tidak bisa hanya berhenti di pakaian atau aksesoris. Barang-barang lain seperti, mobil dan pesawat pun bisa menjadi sasaran kreasi batik.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved