Dr Erwinanto SpJP(K) FIHA

Erwinanto adalah seorang Clinical Cardiologis dari RS Hasan Sadikin Bandung. Dia adalah alumni FK Unair dan Universitas Indonesia

Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
youtube tribun jatim network
Dr Erwinanto SpJP(K) FIHA 

TRIBUNNEWSWIKI, SURABAYA- Erwinanto adalah seorang Clinical Cardiologis dari RS Hasan Sadikin Bandung, yang sempat mengisi acara Webinar We The Health yang digelar Lifepack dan Jovee serta TribunJatim Network, Sabtu (3/10/2020).

Erwinanto menempuh pendidikan kedokterannya di Universitas Airlangga (1983) kemudian melanjutkan spesialis di Universitas Indonesia (1997).

Saat ini, Erwinanto mengemban jabatan sebagai ketua tim bedah jantung RS Hasan Sadikin, Staf Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular, dan Staf Divisi Kardiovaskular Depratemen Ilmu Penyakt Dalam FK Universitas Padjajaran RS Hasan Sadikin Bandung.

Erwinanto juga tergabung dalam organisasi kedokteran seperti, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular (PERKI), Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia (PERHI), dan Anggota Federasi KArdiologi ASEAN.

Dalam Webinar We The Health, Erwinanton menyampaikan, penyakit enyakit jantung koroner tergolong dalam jenis penyakit yang mahal dan mematikan. Hal itu lantaran penyakit ini memiliki kontribusi sebesar 40 persen dalam golongan kematian akibat penyakit di Indonesia. Ini juga membuat penyakit jantung koroner sebagai pembunuh nomor dua di Indonesia setelah stroke.

Selain mematikan, penyakit jantung koroner juga tergolong mahal. Berdasar data dari BPJS Kesehatan yang diketahui oleh Erwinanto, hampir 50 persen dana yang dikeluarkan lebih sering digunakan untuk pengobatan penyakit kardiovaskular yang sebagian besar adalah penyakit jantung koroner.

Berita sebelumnya terkait Erwinanto

https://suryawiki.tribunnews.com/2020/10/03/mencegah-penyakit-jantung-koroner-berdasar-faktor-risiko

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved