Hari Besar

Hari ini 15 Oktober, Hari Mencuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

Hari Mencuci Tangan Pakai Sabun Sedunia diperingati setiap 15 Oktober. Apa latar belakang ditetapkannya hari itu?

ist
Ilustrasi mencuci tangan pakai sabun 

SURYAWIKI, SURABAYA - Setiap 15 Oktober diperingati sebagai Hari Mencuci Tangan Pakai Sabun Sedunia. 

Peringatan ini ini pertama kali dicetuskan pada tahun 2008 dan menjadi agenda yang diperingati tahunan.

Peringatan tersebut juga sebagai langkah kampanye global dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama organisasi internasional lain.

Hari Mencuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ini juga masuk dalam level negara dan mendapatkan dukungan dari pemerintah serta organisasi pemerintahan maupun organisasi swasta.

Hari Mencuci Tangan Pakai Sabun Sedunia pertama dicetuskan sebagai upaya untuk menyikapi banyaknya kematian terutama balita karena kurangnya kebersihan.

Menurut Global Handwash Partnership, kampanye global mencuci tangan ini juga sebagai upaya mengurangi angka kematian anak.

Data yang dihimpun dari portal resmi Global Handwash Partnership, angka kematian balita tertinggi disebabkan oleh pneumonia dan diare.

Oleh karena itu, upaya pencegahan dengan mencuci tangan pakai sabun dan menjaga kebersihan bisa mengurangi angka kematian tersebut.

Gerakan yang dimulai sejak 2008 lalu itu adalah upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit.

Melansir National Day via Kompas.com, saat itu setidaknya diperkirakan lebih dari 120 juta anak di 70 negara mencuci tanggannya dengan sabun.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved