Hari Ayah 12 November

Sejarah Hari Ayah Nasional

Hari Ayah nasional diperingati setiap tahunnya pada tanggal 12 November. Ini berbeda dengan hari ayah yang diperingati negara-negara lain

Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
ist/kompas.com
Ilustrasi hari ayah 

SURYAWIKI, SURABAYA - Hari Ayah nasional diperingati setiap tahunnya pada tanggal 12 November. Ini berbeda dengan hari ayah yang diperingati negara-negara lain, yakni pada minggu ketiga bulan Juni. 

Di Indonesia, Hari Ayah Nasional baru dimulai sejak tahun 2016 dan diprakarsai oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Peringatan Hari Ayah Nasional bermula saat PPIP merayakan peringatan Hari Ibu dengan mengadakan lomba menulis surat untuk ibu di tahun 2014.

Dilansir dari Kompas.com, di akhir acara lomba tersebut banyak peserta yang bertanya kepada panitia kapan lomba menulis surat untuk hari Ayah digelar. Mereka menganggap sosok Ayah juga bagian penting dalam sebuah keluarga.

Berawal dari sinilah, PPIP melakukan audiensi ke DPRD Surakarta untuk menanyakan kapan peringatan Hari Ayah di Indonesia.

Setelah melalui pemikiran panjang, PPIP akhirnya menggelar deklarasi Hari Ayah Nasional di Surakarta pada tanggal 12 November 2016.

Di hari dan jam yang sama, deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Deklarasi tersebut digabungkan dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan "Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya”.

Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku ‘Kenangan untuk Ayah’ yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Usai deklarasi, mereka mengirimkan buku tersebut dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di empat penjuru Indonesia yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote.

Sejak saat itulah, setiap tanggal 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional.

Baca juga: Hari Ayah Nasional, ini Pentingnya Peran Ayah Bagi Perkembangan Anak

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved