Foodbank of Indonesia (FOI)

Foodbank of Indonesia (FOI) adalah organisasi yang bergerak di bidang sosial dan ketahanan pangan. Salah satu misinya mengatasi kesenjangan pangan

Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
ist
Gerakan "Ikan untuk Anak" untuk meningkatkan kesadaran ibu-ibu terkait pentingnya pangan lokal dan gizi bagi tumbuh kembang anak dengan mengonsumsi ikan. Food Bank of Indonesia (FOI) sebagai penggerak, mengajak serta ibu-ibu LPMK Kalijudan untuk mensosialisasikan gerakan ini. 

SURYAWIKI, SURABAYA - Foodbank of Indonesia (FOI) merupakan organisasi yang bergerak di bidang sosial dan ketahanan pangan, di mana salah satu misinya adalah membantu mengatasi kesenjangan pangan di masyarakat.

Selama ini, FOI berusaha menjadi jembatan antara masyarakat yang berlebihan makanan dengan masyarakat yang membutuhkan.

Sama seperti yang disebutkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 alinea 1 dan 2 bahwa bangsa yang merdeka adalah mereka yang berdaulat atas pangannya sendiri dan mampu mengatur untuk membentuk impian masyarakat yang adil dan sejahtera.

Bukan tanpa alasan, FOI melakukan gerakan ini lantaran melihat data yang dipaparkan Food and Agriculture Organization (FAO) pada tahun 2016 menyebutkan bahwa 19,4 juta penduduk Indonesia masih mengalami kelaparan.

Sementara itu, data dari Kementerian Kesehatan tahun 2017 menyebutkan, 29 persen anak masih mengalami stunting (sangat pendek) akibat kurang gizi.

Data lain yang disebutkan FAO dan menjadi penggerak FOI adalah di mana pada tahun 2016, Indonesia merupakan negara yang tiap tahunnya membuang 13 juta metrik ton makanan. Di mana angka tersebut ternyata dapat memberi makan 11 persen dari total penduduk Indonesia.

FOI turut mendukung negara dalam mencapai kedaulatan pangan seperti yang ditargetkan oleh SDG's (Sustainable Development Goals) nomor 2 yaitu, untuk mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan, memperbaiki nutrisi dan mempromosikan pertanian yang berkelanjutan. Serta pada SDG’s nomor 12 yaitu, pola produksi dan konsumsi yang bertanggung jawab.

Program-program di FOI :

1. Mentari Bangsaku

Mentari bangsaku merupakan program holistik mencakup intervensi dan gizi pada siswa PAUD dan SD. Program yang dilaksanakan dalam bentuk pemberian makanan gizi seimbang disertai dengan edukasi mengenai edukasi ini, berangkat dari masih banyaknya anak-anak berangkat ke sekolah dalam keadaan lapar.

2. Sayap dari Ibu

Sayap dari Ibu merupakan program holistik berupa intervensi pangan balita usia 2-5 tahun yang memiliki status gizi di garis kuning dan di bawah garis merah berdasarkan Kartu menuju sehat serta edukasi mengenai pangan dan gizi untuk orang tua dan relawan agar kelak anak-anak dapat memiliki sayap untuk menggapai tinggi cita-cita.

3. Pos Pangan

Pos Pangan merupakan program pemberian asupan makanan untuk lansia, orang yang sakit, dan kaum dhuafa di daerah miskin perkotaan. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan harapan hidup bagi lansia, menjembatani masyarakat yang memiliki makanan berlebih dengan yang kekurangan, serta mengajak masyarakat untuk lebih peka dan mau berbagi untuk masyarakat di sekelilingnya.

Baca juga: Food Bank of Indonesia Ajak Ibu-ibu Jalankan Misi Ikan untuk Anak

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved