Pohon Natal di Quest Hotel Surabaya Dibuat Dari Batik Pamekasan Madura

Pohon Natal yang dipasang di lobby utama Quest Hotel Surabaya benar-benar unik. Pohon Natal ini dibuat dari batik Pamekasan, Madura

surabaya.tribunnews.com/habibur rohman
Pengunjung bisa memanfaatkan pohon natal berbahan kain batik yang diperkenalkan di area Cristal Cafe Quest Hotel Darmo Surabaya, Kamis (3/12/2020). Pohon yang tingginya hampir mencapai langit langit hotel ini merupakan karya Desainer Embran Nawawi yang memanfaatkan kain batik pamekasan. 

SURYAWIKI, SURABAYA - Natal identik dengan Pohon Cemara yang dihias lampu serta bertumpuk kado. Namun, berbeda dengan pohon Natal di Quest Hotel Surabaya.

Pohon Natal yang berada di lobby utama hotel tersebut terbuat dari 51 kain batik asli Pamekasan.

"Pohon ini khusus dibuat dari batik asli Pamekasan. Motif yang dibuat juga menggambarkan budaya di sana," jelas Embran Nawawi, fashion desainer sekaligus konseptor pohon natal, Kamis (3/12/2020).

Embran menuturkan, pohon natal tersebut sengaja dibuat bermotif batik supaya berbeda. Serta, bisa mengangkat budaya Nusantara.

"Supaya warisan Nusantara bisa terus dikembangkan dan dijaga," ujarnya.

Pohon setinggi 3.5 meter memiliki berbagai motif khas batik Pamekasan. Mulai dari kupu-kupu, bunga hingga daun tembakau.

"Batik Pamekasan ini identik dengan keindahan di motifnya. Misal motif kupu-kupu atau bunga mekar ini punya filosofi sendiri. Semuanya menggambarkan apa yang terjadi di lingkungan Pamekasan," Embran menjelaskan.

Terkait detail motif, Embran mengatakan, batik Pamekasan banyak yang bermotif kupu-kupu. Motif ini melambangkan harapan.

"Kupu-kupu ini melambangkan bunga tembakau mekar dan daun paling bawah siap panen. Ini adalah sebuah harapan," tuturnya.

Sedangkan bunga bermekaran, lanjutnya, di Pamekasan tidak ada motif bunga yang kuncup. Sebab, motif bunga mekar ini melambangkan kemakmuran.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved