Eris Reynalda Bantu Anak-anak RT 04 RW 03 Kutisari Selatan Belajar Secara Daring

Eris Reynalda memanfaatkan situasi pandemi COVID-19 untuk membantu siswa di kawasan RT 04 RW 03 Kutisari Selatan belajar secara daring.

Penulis: Akira Tandika
Editor: Akira Tandika
IST
Eris Reynalda foto bersama para siswa yang tergabung dalam Kelompok Belajar Ceria. Dia juga membagikan masker dan hand sanitizer pada warga sekitar RT 04 RW 03 Kutisari Selatan. 

SURYAWIKI, SURABAYA - Pandemi COVID-19 telah mengubah segala kebiasaan, termasuk kegiatan belajar mengajar yang biasa dilakukan di sekolah.

Hal itu kemudian dimanfaatkan Eris Reynalda, mahasiswa Universitas 17 Agustus 1954 (Untag) Surabaya untuk membantu anak-anak Sekolah Dasar (SD) di kawasan RT 04 RW 03 Kutisari Selatan.

"Selain membantu anak-anak, kegiatan ini juga dapat memudahkan orang tua dalam mengajarkan pelajaran secara daring pada anak-anak mereka,"ujar Eris.

Akibatnya, lanjut Eris, dengan minimnya cara kerja media belajar daring, tak jarang para siswa mendapatkan nilai yang menurun.

Untuk memenuhi program Kuliah Kerja Nyata (KKN), Eris kemudian berinisiatif dengan membuat sebuah kelompok belajar di daerah tersebut.

"Kelompok belajar Ceria ini berlangsung selama empat hari. Sejak hari pertama hingga terakhir, para siswa akan dibantu dalam mengerjakan tugas sekolah. Tak hanya itu, kendala yang mereka alami seperti menghafal perkalian dan doa-doa, membaca, dan lain sebagainya," tutur Eris.

Eris menilai, hal ini sangat efektif dalam membantu belajar anak sekaligus orang tua yang tidak memiliki banyak waktu menemani belajar.

Selain itu, Eris juga melakukan penyuluhan kesehatan pada warga sekitar agar lebih paham mengenai pandemi COVID-19 yang saat ini sedang dilawan.

"Saya memberikan buku panduan pada para warga yang berisi tentang cara menjaga kesehatan di tengah pandemi, cara menangani bila ada anggota keluarga yang terjangkit, hingga informasi mengenai rumah sakit rujukan terdekat saat terpapar COVID-19," tuturnya.

Sebagai pelengkap, Eris juga membagikan masker dan hand sanitizer pada warga hingga pedagang keliling di kawasan sekitar RT 04 RW 03 Kutisari Selatan.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved