Lebih Dekat Dengan Captain Rama Noya, Vice President Ikatan Pilot Indonesia

Captain Rama Noya adalah Vice President Ikatan Pilot Indonesia yang kini bergabung di Sriwijaya Air. Inilah sosoknya

ist
Captain Rama Noya, Vice President Ikatan Pilot Indonesia 

SURYAWIKI, SURABAYA - Captain Rama Noya adalah Vice President Ikatan Pilot Indonesia. Dia menjadi seorang pilot sejak 16 tahun lalu. Tepatnya pada tahun 2004 silam.

Saat itu, Captain Rama telah bergabung dengan maskapai PT Garuda Indonesia hingga 2012. Kemudian lanjut di PT Lion Air selama lima tahun hingga 2017, dan saat ini bergabung dengan PT Sriwijaya Air.

Menjadi seorang pilot sebetulnya bukan merupakan cita-cita Captain Rama. Dulu, ia sangat ingin menjadi seorang TNI.

"Namun keinginan itu ditentang ibu karena saya dulu cukup bandel," ujarnya dalam live zoom Lipsus Harian Surya, Senin (18/1/2021).

Keinginan itu kemudian makin bertambah setelah Captain Rama mempelajari aeronautika di Teknik Mesin Universitas Brawijaya.

Untuk mengambil pendidikan pilot, bisa dilakukan dengan dua cara yakni, melalui beasiswa atau jalur mandiri. Biasanya, untuk jalur beasiswa akan lebih banyak tes daripada jalur mandiri.

Sebetulnya, untuk masuk dalam sekolah pilot, ada empat jalur. Pertama, jalur mandiri, kedua beasiswa, ketiga menjadi bagian Polri atau TNI, dan keempat melalui sekolah pilot swasta.

"Biaya di sekolah pilot swasta ini sangat variatif. Berkisar antara Rp 600 hingga Rp 700 juta, sudah termasuk dengan lisensi CPL," tuturnya.

Selain biaya, lama pendidikan juga bervariasi. Ada yang minimum 18 bulan hingga 24 bulan.

Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved