Mitos Kesehatan: Benarkah Perasan Lemon Atau Jeruk Nipis Mengobati Sariawan?

Banyak yang menganggap perasan lemon atau jeruk nipis bisa mengobati sariawan. Tapi faktanya ternyata tak seperti itu.

ist
Ilustrasi 

SURYAWIKI, SURABAYA - Banyak yang masih sering mengobati luka akibat sariawan dengan perasan lemon atau jeruk nipis karena dua buah tersebut dipercaya memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi mengobati sariawan.

Namun, tahukah kalian jika luka sariawan tidak dianjurkan untuk diobati dengan perasan lemon atau jeruk nipis secara langsung?

Menurut Nutritionist Lifepack dan Jovee, Kelvin Halim, meneteskan perasan lemon atau jeruk nipis tidak begitu dianjurkan. Karena, perasan tersebut memberikan efek perih pada luka. Meski begitu, luka tersebut belum tentu bisa sembuh.

"Perasan lemon dan jeruk nipis memiliki sifat korosif karena kandungannya sangat kuat. Bahkan, bukan tidak mungkin dapat menimbulkan luka baru," terang Kelvin.

Saat mengalami sariawan maupun gusi berdarah (scurvy), pasien hanya perlu mengonsumsi vitamin C dengan dosis sekira 500 hingga 1000 miligram saja.

"Namun, untuk beberapa kasus sariawan yang agak parah, pasien perlu melakukan konsultasi dengan dokter agar tidak mengalami kesalahan dalam pemberian obat," tutup Kelvin.

Baca juga: Tak Cuma Menyembuhkan Sariawan, Berikut Sederet Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh

Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved