Mengenal Cara Mendaftarkan CV Sebelum Memulai Usaha

mengurus legalitas usaha sebetulnya tidak susah. Bahkan bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan pihak ketiga seperti notaris.

ist
ilustrasi 

SURYAWIKI, SURABAYA - Mengurus legalitas usaha sebetulnya tidak susah dan tidak banyak biaya. 

Para pengusaha cukup memenuhi syarat umum yang biasanya tertera di kantor perdagangan atau mengakses secara online melalui situs resmi.

Menurut Dosen Fakultas Hukum Universitas Narotama Surabaya, Tutiek Retnowati, mengurus legalitas usaha sebetulnya tidak susah. Bahkan bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan pihak ketiga seperti notaris.

"Yang penting, cukup penuhi beberapa syarat sebelum mengajukan izin pendirian," ujar Tutiek dalam program Klinik UMKM Bersama Narotama, yang disiarkan di Channel YouTube Harian Surya beberapa waktu lalu.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengajukan izin pendirian CV, di antaranya:

1. Mempersiapkan semua kelengkapan data CV seperti nama CV, alamat, susunan pengurus, maksud dan tujuan pendirian CV, serta jenis usaha yang dijalankan.
2. Melakukan pemesanan nama di SABU, untuk memastikan bahwa nama CV belum pernah dipakai orang lain
3. Membuat akta pendirian CV di depan notaris dengan membawa beberapa keperluan, di antaranya; fotokopi KTP pengurus, fotokopi KK pengurus, fotokopi NPWP pengurus, fotokopi bukti kepemilikan tempat usaha, fotokopi sertifikat pelunasan PBB, dan fotokopi surat domisili
4. Melakukan registrasi melalui SABU dan melampirkan akta notaris. Selanjutnya tinggal menunggu Surat Keterangan Terdaftar yang disahkan oleh Kemenkumham keluar
5. Mendaftarkan izin usaha untuk mendapatkan NIB dan izin usaha komersial melalui laman OSS.

Setelah berhasil mendaftarkan usaha, para pengusaha wajib melaporkan jumlah tenaga kerja yang terlibat melalui situs wajiblapor.kemnaker.go.id.

"Karena pengurusan izin usaha ini juga bertujuan agar para pengusaha membayar pajak, maka jangan lupa untuk melaporkan pendapatan kita pada negara," lanjut Tutiek.

Selain itu, karena para pengusaha menjual produk bikinan sendiri, maka pendaftaran merek produk juga penting. Supaya tidak terjadi over klaim oleh pihak lain atas penjiplakan ide dan sebagainya.

Baca juga: Sedang Memulai Usaha Baru? Jangan Lupa Mengurus Legalitasnya

Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved