Sedang Memulai Usaha Baru? Jangan Lupa Mengurus Legalitasnya

Bagi anda yang sedang berencana memulai usaha baru saat ini, pastikan mengurus legalitas usahanya.

ist
ilustrasi 

SURYAWIKI, SURABAYA - Usaha baru banyak bermunculan di masa pandemi seperti saat ini. Baik usaha yang dijadikan sebagai sampingan maupun utama.

Namun ingat, bagi anda yang sedang berencana memulai sebuah usaha, legalitas usaha juga perlu diperhatikan.

Hal itu disampaikan oleh Dosen Fakultas Hukum Universitas Narotama Surabaya Tutiek Retnowati dalam program Klinik UMKM Bersama Narotama, yang disiarkan di Channel YouTube Harian Surya beberapa waktu lalu.

"Terutama untuk usaha rumahan. Di tengah persaingan yang ketat ini, melegalkan usaha tergolong sangat penting supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya," terang Tutiek.

Bagi pemilik usaha mikro, terdapat dua pilihan legalitas yang bisa diambil yakni, CV dan UD. Dua pilihan legalitas ini bergantung pada jumlah pemilik usaha.

Tutiek menyampaikan, apabila usaha didirikan oleh dua orang atau lebih, jenis legalitas usahanya harus CV. Sementara jika didirikan oleh satu orang saja, jenis legalitas yang dipakai adalah UD.

"CV dan UD ini sama-sama tidak berbadan hukum. Hanya saja, regulasinya ada pada Kitab Undang-Undang Hukum Perdagangan dan Permenkumham No 17 Tahun 2018," imbuhnya.

Tutiek menyarankan, agar pelaku usaha yang baru saja merintis, untuk segera mengurus legalitas. Karena bagi pelaku usaha yang memiliki surat izin, biasanya diberi kemudahan dalam permodalan. Seperti, kredit dari pemerintah atau akses lainnya.

Selain itu, pengurusan legalitas usaha sebetulnya juga untuk menghitung pajak penghasilan yang didapat pengusaha.

"Biasanya, orang awam nggak sadar kalau sekecil apapun usaha yang mereka buat, tetap akan dikenakan pajak. Tentu saja, pajak nanti akan dihitung dari jumlah pemasukan yang diperoleh pengusaha. Kalau tidak memenuhi target, biasanya tidak akan dikenakan pajak," jelas Tutiek.

Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved