Keindahan Ilalang dalam Busana 'Blady Grass' Rancangan Inas Mutiara

Desainer Inas Mutiara Dewi terinspirasi oleh ilalang dalam karya terbarunya yang dia beri tajuk Blady Grass.

ist/dok.pribadi
Rancangan busana Inas Mutiara Dewi, Blady Grass yang terinspirasi dari keindahan Ilalang. 

SURYAWIKI, SURABAYA - Tumbuh liar di lahan yang kosong membuat ilalang kerap dipandang sebelah mata.

Padahal, tanaman gulma ini memiliki banyak manfaat. Kecantikannya juga tidak kalah dengan tanaman hias.

Keindahan ini yang coba dituangkan oleh  desainer Inas Mutiara Dewi. Ia merefleksikannya dalam busana bertajuk 'Blady Grass'.

"Ilalang memiliki batang yang pendek dan memiliki susunan bulir yang menguncup, juga rambut yang halus," ungkap Inas, Rabu (10/2/2021).

Busananya berdesain gaun malam dengan tiga item yakni jumpsuit berupa bustier dan celana, mini dress berupa rok span, serta layer. Ia menyatukan dua siluet yang merepresentasikan ilalang.

Pada dress dalam, ia mengaplikasikan siluet I. Sementara untuk dress luar dirancang siluet A. Saat disatukan, busananya tampak anggun dan elegan.

"Untuk jumpsuit, saya menggunakan kain satin. Sementara untuk span saya memilih tule. Sedangkan layernya pakai organza," terang desainer kelahiran Blitar, 11 Desember 1998 ini.

Menurutnya, ketiga material tersebut dirasa cocok untuk menggambarkan ilalang. Kain yang dipilih membuat busana tidak terlalu kaku dan jatuh.

"Di sini ada gradasi warna. Pada bagian bawah cenderung coklat tua, semakin ke atas semakin muda," imbuh perempuan berusia 22 tahun ini.

Yang paling menonjol dari busananya yakni detail bordir ilalang yang terlihat hidup, hampir memenuhi busana sehingga merefleksikan bentangan padang ilalang.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved