Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Berjamur Akibat Hujan

Penyakit pada kaca mobil kerap disebabkan karena jamur kalau dibiarkan menjadi fatal karena itu perlu penanganan khusus.

SURYA.CO.ID/Wiwit Purwanto
Jamur kaca di mobil biasanya muncul saat musim hujan seperti saat ini untuk menghilangkan jamur salah satunya dengan poles kaca. 

SURYAWIKI, SURABAYA - Puncak musim hujan telah tiba, maka banyak yang harus diperiksa lagi terkait dengan kenyamanan berkendara.

Pada mobil, ada beberapa hal yang setidaknya perlu dilakukan perawatan secara tepat agar mobil tetap awet, terpelihara, dan tentunya nyaman saat digunakan.

Salah satu yang penting untuk diprioritaskan adalah kaca depan yang buram. Bisa karena jamur atau baret yang pasti mengganggu berkendara terutama saat malam hari.

"Hujan adalah berkah tapi bisa juga menjadi bencana bagi sebagian pemilik mobil karena kaca depan yang buram saat musim hujan seperti saat ini,”  ujar Jason dari Fit Gloss Auto Care Center Jalan Raya Jemursari.

Kondisi cuaca yang berubah-ubah, tak sekadar membuat kondisi tubuh jadi kurang sehat alias segala penyakit dapat timbul karenanya. Tak hanya tubuh, pun dapat terjadi pada kaca mobil.

Penyakit pada kaca mobil kerap disebabkan karena jamur kalau dibiarkan menjadi fatal karena itu perlu penanganan khusus.

Biasanya jamur pada kaca ini akan terlihat ketika kaca ini terkena air,atau saat hujan. Pada kaca yang berjamur tidak akan bisa bersih saat disapu dengan wiper.

“Ada bekas air yang nempel nah inilah jamur, sangat mengganggu saat berkendara di tengah hujan,” lanjutnya.

Jamur, kata Jason, sama dengan bintik air. Biasanya terjadi akibat dari kotoran air yang menempel di kaca. Atau, terjadi jika ketika sehabis dicuci atau tersiram air hujan, tidak langsung dikeringkan.

Efek yang timbul bagi pengemudi khususnya saat hujan di malam hari, kaca disapu wiper, tapi airnya masih ada  sisa air di sela-sela jamur tadi.

“Nah kalau kena sinar dari arah berlawanan kaca ini akan pudar atau bias, membahayakan pengemudi,” ujarnya.

Satu satunya jalan adalah membersihkan jamur kaca itu dengan dipoles.

“Kalau hanya di lap atau di bersihkan saja jamur masih menempel, jadi harus dipoles dengan obat khusus,” tandasnya. (Wiwit Purwanto)

Ikuti kami di
Editor: Akira Tandika
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved