Rian Ibram, Sejak Kecil Sudah Akrab Dengan Hutan

Bagi presenter Rian Ibram, hutan memiliki kenangan tersendiri, lantaran sejak kecil ia telah terbiasa keluar-masuk hutan.

Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
ist
Presenter Rian Ibram 

SURYAWIKI, SURABAYA - Hutan bukanlah sesuatu yang asing bagi presenter Rian Ibram.

Baginya, hutan memiliki kenangan tersendiri, lantaran sejak kecil ia telah terbiasa keluar-masuk hutan.

"Dulu, rumah opung aku di Sumatra itu punya lahan yang lokasinya di tengah hutan. Untuk bisa ke sana, aku harus menempuh perjalanan tiga jam dan melewati hutan. Jadi memang sudah akrab," terang pria kelahiran Bandung itu. 

Rupanya, pengalaman itu membawa Rian menjadi pribadi yang peduli terhadap lingkungan, termasuk dalam hal melestarikan hutan.

Namun, lantaran pekerjaan dan kondisi yang saat ini membuat masyarakat terpaksa berdiam diri di rumah, Rian memiliki cara lain untuk mewujudkan rasa cinta terhadap hutan.

1. Nonton video tentang hutan tropis

Dengan menonton video tentang hutan, Rian merasa semangat untuk merawat dan menjaga hutan lebih besar. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di kota.

"Perusakan hutan itu ada dan luasnya kini mulai berkurang, tapi jika hutan bisa diberitakan secara positif, kita yang tinggal di kota akan lebih happy lagi menjaga hutan dari kota, tanpa harus turun langsung ke hutan,” ungkapnya.

Rian mencontohkan, salah satu video yang biasa ditonton secara online adalah tentang Hutan Nagari Sungai Buluh di Sumatra Barat, yang sudah seperti halaman belakang bagi warga desa.

"Di hutan itu, warga bisa bebas mengambil cabai ataupun jengkol. Seolah-olah mereka belanja di hutan. Karena mereka sadar bahwa hutan itu milik bersama, maka mereka justru tidak akan mengambil semua. Hanya ambil seperlunya saja,” kata Rina.

Halaman selanjutnya

2. Belanja cerdas

...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved