Putri Indonesia Lingkungan 2020 Putu Ayu Saraswati Bagikan Pentingnya Menjaga Imun Selama Pandemi

Selama masa pandemi, Putri Indonesia Lingkungan 2020 Putu Ayu Saraswati harus menambahkan ekstra step untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

(Instagram/ayusarasw)
Putri Indonesia Lingkungan 2020, Putu Ayu Saraswati. 

SURYAWIKI, SURABAYA - Imun atau daya tahan tubuh menjadi topik yang kerap dibicarakan banyak orang, terutama pada masa pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Hal itu pun dibahas Putu Ayu Saraswati, Putri Indonesia Lingkungan 2020, dalam webinar yang digelar Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa, Selasa (2/3/2021).

"Peran imun bagi tubuh menurutku penting sekali. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini. Dia memiliki pekerjaan ekstra, termasuk menjadi tameng yang harus siap perang kapan saja," terang perempuan kelahiran tahun 1997 itu.

Maka dari itu, lanjut Ayu, penting pula bagi diri untuk menjaga performa imun agar tidak drop pada saat dibutuhkan. Karena, jika performa imun menurun, tubuh pun tidak memiliki pelindung untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, baik di dalam maupun luar rumah.

Selama masa pandemi, Ayu bahkan harus menambahkan ekstra step untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Pertama tentu rutin berolahraga. Setidaknya tiga hingga lima kali dalam seminggu selama 30 menit," imbuhnya.

Tidak perlu olahraga berat ataupun memerlukan biaya ekstra. Terpenting adalah bagaimana tubuh tetap bergerak dan menghasilkan keringat.

Kedua, selain berolahraga mengonsumsi makanan sehat pun tak boleh terlewat. Pastikan, asupan yang masuk ke dalam tubuh harus memiliki gizi seimbang dan yang diperlukan tubuh kita masing-masing.

Selanjutnya adalah tetap menerapkan protokol kesehatan di manapun berada, terutama saat harus beraktivitas di luar rumah.

"Terakhir dan tak kalah penting adalah mengonsumsi imunomodulator. Selain nutrisi, mengonsumsi suplemen penambah imun rutin saya lakukan," jelas lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana tersebut.

Terlebih, kegiatannya sebagai seorang Putri Indonesia, juga mengharuskan perempuan kelahiran Bali itu belajar mengenai pola hidup sehat.

"Selama beraktivitas sebagai Putri Indonesia, saya sering sekali mengonsumsi jamu. Di mana sebelumnya saya memiliki stigma tersendiri tentang jamu. Tapi karena belajar itu tadi dan rutin mengonsumsi, saya secara sadar merasakan benefit tersendiri dari mengonsumsi jamu," tandasnya.

Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved