National Hospital Surabaya Jangkau Masyarakat Lewat Layanan Point of Care di Berbagai Lokasi

Point of Care merupakan layanan tes COVID-19 dengan sistem drive-thru yang memungkinkan masyarakat lebih mudah mengakses tanpa perlu ke rumah sakit.

(Dok/National Hospital)
Petugas sedang mengambil sampel swab di lokasi Point of Care oleh National Hospital di Jalan Sulawesi Surabaya. 

SURYAWIKI, SURABAYA - National Hospital Surabaya baru saja meluncurkan layanan Point of Care di kawasan Surabaya Pusat sejak 18 Februari 2021 lalu.

Point of Care merupakan layanan tes COVID-19 dengan sistem drive-thru yang memungkinkan masyarakat untuk lebih mudah mengakses tanpa perlu pergi ke rumah sakit.

"Seperti yang kita tahu, lokasi National Hospital berada di kawasan Surabaya Barat. Kadang, beberapa masyarakat yang ingin pergi ke National Hospital untuk sekadar melakukan tes COVID-19, perlu berpikir dua kali lantaran jarak yang cukup jauh. Maka dari itu, kami membuat layanan Point of Care ini," terang Marketing National Hospital Michael Ivan Reinald, saat ditemui di Jalan Sulawesi, Selasa (2/3/2021).

Dalam layanan Point of Care, National Hospital menawarkan tes Swab PCR, Saliva PCR, dan Swab Antigen, yang dinilai lebih praktis serta cocok dengan sistem drive-thru.

"Tidak hanya bagi pasien, layanan Point of Care ini juga meminimalisir adanya kontak secara secara langsung dengan pasien serta lebih nyaman tanpa harus berkunjung ke rumah sakit," tutur Reyhandi Armawan Sardjono, Dokter Umum National Hospital yang bertugas di Point of Care.

Agar pengalaman tes yang lebih praktis, pasien disarankan untuk melakukan reservasi melalui aplikasi National Hospital terlebih dulu. Kemudian, saat sampai di lokasi tinggal menunjukkan barcode pada petugas.

"Meski begitu, bukan berarti pasien yang datang tanpa melakukan reservasi tidak kami layani. Tetap akan kami layani seperti biasanya. Kegunaan reservasi itu hanya supaya tidak terjadi antrean mengekor di lokasi drive-thru," jelas Michael.

Rencananya, National Hospital akan kembali membuka layanan serupa di kawasan Surabaya Timur dalam waktu dekat ini.

"Dengan adanya lokasi Point of Care, masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke National Hospital dan cukup mendatangi lokasi Point of Care terdekat saja," tutupnya.

Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: Akira Tandika
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved