Cerita Penyintas Kanker Payudara: Positive Mindset Penting Untuk Wujudkan Hidup Sehat

Ika Damajanti, penyintas Kanker Payudara bercerita tentang pentingnya Positive Mindset dan Motivasi Diri untuk mewujudkan gaya hidup sehat

Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
ist
Ika Damajanti (kanan) menceritakan perubahan yang dialami setelah mengikuti program healthy lifestyle bersama dr Fanny Imanuddin. 

SURYAWIKI, SURABAYA - Kesadaran masyarakat mengenai gaya hidup sehat agaknya mulai meningkat beberapa waktu terakhir. Terutama sejak adanya pandemi COVID-19, masyarakat berlomba-lomba untuk menjaga kesehatan agar daya tahan tubuh tetap seimbang.

Hal itu pun yang coba dilakukan oleh Ika Damajanti, seorang penyintas kanker payudara yang mulai menerapkan healthy lifestyle sejak November 2020 lalu.

"Saya sadar kalau lifestyle yang saya jalani selama ini buruk. Sempat coba sendiri mengubahnya, tapi susah karena memang tidak terbiasa," terangnya dalam tayangan YouTube HiDrFan beberapa waktu lalu.

dr Fanny Imanuddin yang sekaligus menjadi coach Ika mengatakan, dalam mengubah lifestyle, positive mindset dan motivasi sangat diperlukan.

"Selain itu, memilih coaching yang tepat juga menjadi kunci keberhasilan perubahan lifestyle. Karena kalau tidak didampingi oleh profesional, biasanya akan sulit. Apalagi, orang moodnya gampang berubah," tambahnya.

Ika mengaku, setelah mengikuti training bersama dr Fanny, beberapa keluhan yang dirasakan saat masih menjalankan bad lifestyle, perlahan menghilang.

Paling terasa, lanjutnya, sakit kepala yang lama diderita tidak kembali muncul.

"Tidur jadi lebih cepat dan nyenyak, makan teratur, juga badan jadi lebih fit dari sebelumnya. Karena itu tadi, selain mengontrol makan, olahraga juga jadi rutin," tutur Ika.

dr Fanny menambahkan, dalam mengubah lifestyle dengan rutin berolahraga, juga diperlukan hari untuk beristirahat atau recovery.

Berdasar ilmu kesehatan, apabila tubuh dipaksa terus berolahraga tanpa ada waktu jeda, akan memperbanyak asam laktat dalam tubuh.

Mengubah lifestyle menjadi lebih baik, tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat.

"Bonusnya adalah berat badan tentu akan menurun. Asalkan harus komitmen itu tadi," ujarnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved