Belajar Make Up Tak Perlu Mahal, Ini Tips dari MUA Brigitta Livia

Menurut MUA Brigitta Livia, belajar make up tanpa mengikuti kelas khusus sebetulnya bisa. Cukup melihat tutorial di YouTube.

Dok. Pribadi
MUA Brigitta Livia 

SURYAWIKI, SURABAYA - Menurut MUA Brigitta Livia, belajar make up tanpa mengikuti kelas khusus sebetulnya bisa.

Apalagi jika budget yang dimiliki sangat minim. Melihat tutorial make up dari YouTube saja sudah bisa.

Menurut Livia, hal terpenting adalah sering melatih tangan. Setidaknya, agar tangan terbiasa memegang kuas dan mengaplikasikan warna.

"Karena biasanya pemula kan tangannya memang agak kaku. Bila berlatih terus menerus, lama-lama tangan akan terbiasa. Usahakan melihat video yang berbeda-beda, supaya tahu teknik yang berbeda pula," saran Livia pada pemula.

Livia melanjutkan, untuk menjadi profesional juga harus mau terus belajar seperti mempelajari beberapa teknik dari MUA lain. Hal itu pula yang diterapkan Livia pada dirinya sendiri.

Sementara itu untuk alat yang digunakan, Livia menyarankan menggunakan alat sesuai fungsi saja. Tidak perlu merk ternama dengan harga selangit.

"Misalnya seperti brush. Untuk MUA professional, it's okay pakai yang agak mahal. Tapi kalau untuk pemula, brush 2 in 1 saja sudah oke. Bisa dicari di online shop juga," terang Livia.

Menurutnya, barang murah belum tentu jelek, pasti ada yang memiliki kualitas bagus. Bahkan, lanjut Livia, dengan budget Rp 50 ribu, sudah bisa mendapat brush yang bisa digunakan untuk latihan.

Dalam belajar make up, tidak perlu terburu-buru. Terutama dalam mengaplikasikan warna-warna. Karena hal terpenting dari make up bagi MUA adalah kerapihan.

"Jadi nggak masalah kalau belajarnya lama atau waktu praktik lama supaya lebih rapi. Karena tiap step itu harus kita lihat dan sesuaikan lagi," ujar Livia.

Apalagi, sambung Livia, untuk make up mata dan alis. Kedua bagian ini bertugas membingkai wajah dan menghidupkan karakter seseorang. Jadi memang perlu hati-hati, ketepatan, dan kerapian.

Livia juga memberikan tips bagi pemula yang ingin belajar make up. Menurutnya, ada beberapa kesalahan teknik yang banyak dilakukan oleh pemula. Salah satunya adalah, blending warna untuk eyeshadow.

"Usahakan, kalau misal cuma punya brush terbatas, pengaplikasian warna eyeshadow harus dari warna muda ke tua," jelasnya.

Hal itu dilakukan untuk menghindari warna blok yang tidak diinginkan. Kalau dimulai dari warna muda, masih bisa dibersihkan atau ditumpuk dengan warna tua.

Selain itu, dalam memegang brush juga tidak perlu terlalu dekat. Karena, semakin dekat tangan pada ujung brush, membuat kita tidak bisa mengontrol kekuatan tangan.

Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: Akira Tandika
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved