Tak Hanya Berinovasi, UMKM Fashion Rasyida Alam Juga Kejar Penjualan Online Selama Pandemi

Sama seperti jenis usaha lainnya, Rasyida Alam pun sempat mengalami kesusahan selama masa pandemi.

Penulis: Akira Tandika
Editor: Akira Tandika
Dok. Pribadi
UMKM Fashion Rasyida Alam 

SURYAWIKI, SURABAYA - UMKM Fashion Rasyida Alam menjadi salah satu tenant yang mengisi gelaran Jatim Garage oleh Bank Jatim.

Sama seperti jenis usaha lainnya, Rasyida Alam pun sempat mengalami kesusahan. Termasuk, menurunnya jumlah pembelian produk Rasyida Alam.

Meski begitu, Owner Rasyida Alam Rizanty Tuakiya tak ingin berputus asa. Ia tetap berusaha dan mencari inovasi lain agar bisnis yang dijalankan tetap pada treknya.

"Kalau inovasi, sudah pasti. Sebelumnya memang busana yang saya buat lebih formal, tapi kalau sekarang bisa digunakan harian saat bekerja di rumah," terang perempuan yang akrab disapa Shanty tersebut.

Ia melanjutkan, meski busana tersebut terlihat lebih santai, Shanty tetap menyematkan tambahan aksesori sebagai ciri khas.

"Di Rasyida Alam itu, yang menjadi ciri khas di antaranya, bordir, sulam, atau payet ethnic. Begitu pun masker yang saya buat selama pandemi ini, juga ada tambahan aksesoris tersebut," imbuhnya.

Shanty melanjutkan, harga yang dipatok untuk busana harian ini pun tak semahal busana formal. Sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu.

Jika sebelumnya Shanty hanya berfokus pada penjualan offline, selama pandemi ini dia mulai menggenjit penjualan online.

"Saya betul-betul mengejar ketertinggalan. Mulai fokus dan berbenah juga di platform online," tuturnya.

Salah satu yang dilakukan Shanty dalam mengembangkan usahanya lewat platform online adalah dengan mengikuti gelaran Jatim Garage yang diinisiasi oleh Bank Jatim.

Shanty mengaku, mengetahui event lewat organisasi yang dia ikuti yakni, Dekranasda Surabaya.

"Buat saya yang belum lama terjun di dunia jualan online, event ini tidak menyulitkan. Penjual atau pemilik tenant hanya diminta mengumpulkan foto dan harga produk. Kami juga tidak perlu repot display dan datang ke lokasi. Semua transaksi bisa langsung masuk ke rekening Bank Jatim yang sudah dibuat sebelumnya," papar Shanty.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved