kesehatan

Ketahui Hal-hal yang Jadi Penyebab Penyakit Epilepsi

Dalam dunia medis, dikenal 2 faktor risiko atau hal-hal yang menjadi penyebab timbulnya penyakit epilepsi, yakni idiopatik dan simptomatik. Apa itu?

ist
ilustrasi epilepsi 

SURYAWIKI, SURABAYA - Dalam dunia medis, dikenal 2 faktor risiko penyakit epilepsi, yakni idiopatik dan simptomatik. 

Sejauh ini, epilepsi idiopatik tidak diketahui secara jelas penyebabnya. Namun sejumlah ahli menduga, epilepsi idiopatik dikarenakan adanya faktor genetik atau keturunan.

Sementara epilepsi simptomatik, dikarenakan adanya kerusakan pada otak akibat kecelakaan.

"Dari dua faktor ini, yang bisa dihindari adalah jenis epilepsi simptomatik, karena penyebabnya sudah jelas," ujar Spesialis Bedah Saraf National Hospital Surabaya dr Heri Subianto SpBS (K) FINPS.

Menurut Heri, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan faktor risiko simptomatik, yakni infeksi otak, trauma cedera kepala, trauma saat kehamilan, dan lamanya bayi keluar dari kandungan ibu. 

Pada peringatan Epilepsy Awareness Day yang jatuh pada 26 Maret, Heri ingin memberikan informasi seluas-luasnya pada masyarakat mengenai penyakit ini.

Heri melanjutkan adanya perayaan Epilepsy Awareness Day memang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang epilepsi. Bahwa penderita epilepsi bisa hidup normal asal tidak dikucilkan.

Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved