Memperingati Epilepsy Awareness Day: Jangan Kucilkan Penderita Epilepsi

bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang epilepsi. Bahwa penderita epilepsi bisa hidup normal asal tidak dikucilkan.

ist/national hospital
Spesialis Bedah Saraf National Hospital Surabaya, dr Heri Subianto SpBS (K) FINPS. (Dok. National Hospital) 

SURYAWIKI, SURABAYA - Peringatan Epilepsy Awareness Day jatuh tiap 26 Maret.

Peringatan ini diinisiasi oleh penderita asal Kanada dengan gerakan purple day, yang didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penyakit epilepsi.

Menurut Spesialis Bedah Saraf National Hospital Surabaya, dr Heri Subianto SpBS (K) FINPS, epilepsi merupakan penyakit yang disebabkan oleh kelainan sistem saraf pusat pada otak dan menyebabkan kejang.

"Tanda munculnya epilepsi adalah kejang. Tapi kejang bukan selalu tentang epilepsi. Terutama yang tidak memiliki pemicu jelas," terangnya saat dihubungi, Jumat (26/3/2021).

Ia melanjutkan, orang yang memiliki kelainan gula darah atau natrium rendah pun bisa kejang. Sehingga untuk mengetahui apakah seseorang menderita epilepsi, harus dicek terlebih dulu.

"Maka dari itu, pada peringatan Epilepsy Awareness Day ini saya ingin memberikan informasi seluas-luasnya pada masyarakat mengenai penyakit ini," tutur Heri.

Adanya perayaan ini, lanjut Heri, memang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang epilepsi. Bahwa penderita epilepsi bisa hidup normal asal tidak dikucilkan.

"Mereka cukup diberi dukungan dari keluarga dan masyarakat. Karena penderita epilepsi mengonsumsi obat 1 hingga 3 kali dalam sehari. Itu termasuk hal yang berat untuk mereka," jelasnya.

Heri menambahkan, penderita epilepsi perlu diperlakukan secara normal, tidak dikucilkan, diberi kesempatan beraktivitas, dan menjalani pendidikan.

"Dengan begitu, mereka tetap bisa berkembang dan mendapat kehidupan lebih baik lagi," tutupnya.

Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved