Usung Sustainable Fashion, Para Desainer Pamerkan Busana Muslim Upcycle dalam Muffest Surabaya 2021

Para desainer berkomitmen mengurangi limbah tekstil melalui sustainable fashion. Seperti yang terlihat dalam gelaran Muslim Fashion Festival (Muffest)

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/christine ayu
Gelaran Muslim Fashion Festival (Muffest) Surabaya 2021 saat konferensi pers di Pakuwon Mall Surabaya, Jumat (2/4/2021). 

SURYAWIKI, SURABAYA - Para desainer berkomitmen mengurangi limbah tekstil melalui sustainable fashion. Seperti yang terlihat dalam gelaran Muslim Fashion Festival (Muffest) 2021.

Gelaran yang hadir di lima kota di Indonesia termasuk Surabaya ini memamerkan ratusan busana berkonsep less waste.

"Kami berharap, baik pelaku maupun konsumer lebih sadar terkait pentingnya sustainable fashion. Kita bisa mengubah koleksi lama menjadi lebih sesuai tren," ungkap Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) National Ali Kharisma, Jumat (2/4/2021).

Dalam konferensi pers yang dilakukan secara hybrid tersebut, ia juga mengajak para pelaku industri mode untuk tidak memproduksi barang secara berlebihan.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk kembali membangun industri fesyen. Kita perlu bergandeng tangan, bergerak bersama, dan saling menyemangati satu sama lain," tuturnya.

Di Surabaya, Muffest 2021 menampilkan banyak karya dari 25 desainer kawakan. Tidak hanya dari Jawa Timur, sejumlah perancang busana juga berasal dari luar seperti Bandung dan Yogyakarta.

"Antusias desainer sangat bagus. Namun memang kami batasi agar tidak terlalu banyak," ungkap PIC Muffest 2021 Surabaya sekaligus desainer Alben Ayub Andal.

Para desainer fokus mengkreasikan koleksi yang lama atau di-upcycle kembali agar lebih ngetren.

"Kalau dulu, kami menjual baju yang baru. Namun sekarang kami meng-upgrade busana lama yang belum terjual," katanya ditemui di atrium Pakuwon Mall Surabaya.

Busana yang ditampilan terlihat lebih edgy dengan berbagai aplikasi payet, patchwork, rantai, dan sebagainya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved