Koleksi Ismoyodharu oleh Desainer Prita Amiroh Tampilkan Sosok Dewa Naga Penjaga Amanah

Koleksi Ismoyodharu milik Desainer Prita Amiroh dikenalkan dalam gelaran Men's Fashion Style 2021, di Ciputra World Surabaya beberapa waktu lalu.

ist
Koleksi Ismoyodharu oleh Desainer Prita Amiroh menampilkan sosok Antaboga, yakni dewa naga yang bertugas menjaga amanah dalam menunggu perut bumi. (IST) 

SURYAWIKI, SURABAYA - Koleksi Ismoyodharu milik Desainer Prita Amiroh dikenalkan dalam gelaran Men's Fashion Style 2021, di Ciputra World Surabaya beberapa waktu lalu.

Prita mengaku, sosok naga emas dalam kemeja merah buatannya itu disebut Antaboga.

"Antaboga merupakan tokoh pewayangan yang sosoknya menyerupai ular naga," terang Prita.

Sosok Antaboga, lanjut Prita, adalah dewa naga yang bertugas menjaga amanah dalam menunggu perut bumi.

"Dalam cerita pewayangan, naga adalah sosok yang baik. Serta, tokoh ini yang jadi favorit saya," ujarnya.

Prita menerangkan, bumi memiliki unsur kehidupan. Dalam unsur kehidupan itu terdiri dari geni (api), banyu (air), lemah (tanah), kayu, dan wesi (besi).

"Masing-masing unsur memiliki karakter yang berbeda. Sama halnya seperti manusia. Supaya pesannya lebih sampai, orang yang memakai busana ini juga hatus sesuai karakter yang dimiliki," ungkap desainer asal Probolinggo itu.

Untuk mengetahui elemen-elemen tersebut, Prita berpatok pada tahun kelahiran. Misalnya, angka 0 dan 1 adalah metal, 2 dan 3 adalah air, 4 dan 5 adalah kayu, 6 dan 7 adalah api, sedangkan 8 dan 9 adalah bumi.

"Dari situ, saya desain sesuai dengan karakter mereka. Misalnya kayu, itu kan lebih ke pengembara. Jadi modelnya saya buat seperti itu," jelasnya.

Busana berbahan katun twill premium dan dipadukan dengan lurik Yogyakarta itu dinilai cocok digunakan oleh semua usia dan berbgai acara.

"Seperti momen Ramadan dan Idulfitri yang sudah ada di depan mata ini. Tentu sangat cocok," tutupnya.

Ikuti kami di
Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved