Sel Kulit Mati Menumpuk Bikin Wajah Makin Kusam Selama Puasa

Selain kulit kering, permasalahan kulit lain yang kerap dijumpai saat puasa adalah kulit kusam. Bagaimana cara mengatasinya?

Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
hellosehat.com
Ilustrasi 

SURYAWIKI, SURABAYA - Selain kulit kering, permasalahan kulit lain yang kerap dijumpai saat puasa adalah kulit kusam.

Ada beragam faktor yang membuat kulit menjadi kusam saat puasa. Salah satunya karena efek sel kulit mati yang menumpuk pada wajah.

Menurut Delovely Beauty Expert, dr Hansen Sudarma, permasalahan kulit kusam pada wajah merupakan hal wajar.

"Selama puasa, kulit mengalami regenerasi sel. Sehingga sel kulit mati yang dihasilkan lebih banyak daripada kondisi normal," terang Hansen dalam talkshow virtual bertajuk "Tetap Cantik di Bulan Puasa" beberapa waktu lalu.

Hansen mengatakan, banyak orang yang panik saat kulitnya menjadi kusam. Padahal, momen regenerasi kulit selama berpuasa bisa dimanfaatkan dengan baik yakni, dengan melakukan perawatan di rumah.

"Kalau perawatan wajah di rumah, bisa menggunakan peeling gel seperti Lightening Gel. Selain itu, menggunakan serum dengan kandungan anyioksidan tinggi juga dapat membantu proses regenerasi kulit," jelas Hansen.

Bila tak kunjung cerah meski telah melakukan perawatan, bisa jadi sel kulit mati yang menumpuk sudah terlalu banyak. Jika sudah begitu, pasien perlu melakukan konsuktasi dengan dokter.

Hansen berpesan, langkah paling dasar untuk mencegah kulit kusam sebenarnya cukup mudah yakni, cukup dengan rajin mencuci muka dan mengenakan sunscreen.

"Kalau kondisi kulit sudah bagus tapi nggak pakai sunscreen, ya percuma. Kalau nggak dirawat bisa kusam, bahkan penuaan lebih dini," tutupnya.

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved