Budidaya Hidroponik : Kalau yang Sempit Bisa, Kenapa Harus Lahan yang Luas?

Budidaya hidroponik menjadi salah satu cara warga untuk menghilangkan stres di masa pandemi sekaligus untuk meningkatkan ketahanan pangan.

Editor: eben haezer
rufina renwarin
Media tanam yang dipakai untuk melakukan pertanian hidroponik. 

SURYAWIKI, SURABAYA - Di Masa pandemi ini ada banyak perubahan yang terjadi dalam berbagai aspek termasuk gaya hidup.

Contohnya Budidaya Hidroponik sebagai media penghilang rasa jenuh dan bosan masyarakat di masa pandemi.

Budidaya Hidroponik menjadi salah satu kegiatan yang menjadi trend di masa pandemi. Hidroponik merupakan cara bercocok tanam dengan menggunakan media tanam berupa air.

Di Wilayah RT 01/RW 04 jl Deles Gang V, kecamatan Sukolilo, Surabaya, budidaya hidropinik telah dikembangkan warga. 

Eko Butosono, ketua RW setempat mengatakan berkebun Hidroponik merupakan solusi untuk menambahkan ketahanan pangan bagi mereka yang tidak memiliki lahan.

Katanya, daerah yang memiliki keterbatasan lahan dapat dimanfaatkan untuk Budidaya Hidroponik.

Hasil panen hidroponik masyarakat diharapkan meminimalisir pergi ke pasar serta membantu perekonomian warga.

"Dengan mengonsumsi sayuran yang kita produksi sendiri akan bermanfaat bagi Kesehatan masyarakat," katanya kepada mahasiswa UKDC (Universitas Katolik Darma Cendika) Surabaya, yang melakukan pengabdian masyarakat di wilayah setempat.

Di Deles, Nutrisi Hidroponik yang biasa dipakai adalah nutrisi AB Mix. Nutrisi AB Mix merupakan larutan Hidroponik yang mengandung unsur hara mikro dan makro yang digunakan untuk mendukung pertumbuhan tanaman.

Tantangan yang dihadapi dalam menunjang peningkatan Hidroponik adalah luasan lahan, pasokan sinar matahari, persediaan air bersih dan peredaran udara, pencemaran logam berat, dan keterbatasan pengetahuan mengenai Budidaya Hidroponik.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat melalui Budidaya Hidroponik yang dilakukan UKDC ini bertujuan untuk menambah kegiatan positif yang dilakukan masyarakat agar lebih produktif dan meminimalisir kebutuhan pangan mereka melalui hasil panen Hidroponik.

Motivasi mereka melakukan Budidaya Hidroponik pada daerah tersebut karena adanya fenomena kurangnya penghijauan disebabkan oleh lingkungan yang gersang.

Melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diharapkan menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat RT 01 di masa yang akan datang.

Penulis: Lidia Lanus dan Rufina Renwarin, Mahasiswa UKDC Surabaya

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved