Kapsoora, Brand Sandal Lokal Surabaya yang Gunakan Bahan Ramah Lingkungan

"Biasanya kalau sudah bagus, unik, atau lucu, dipakainya nggak nyaman. Begitu pun sebaliknya," ujar owner Kapsoora, Katherine Laksmana.

Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/akira tandika
Pengunjung mencoba secara langsung sandal Kapsoora di pop-up store yang berlokasi di Atrium Ciputra World Lantai 1. Produk asli Surabaya ini akan hadir secara offline hingga Juli 2021 mendatang. 

SURYAWIKI, SURABAYA - Memilih alas kaki, baik sandal atau sepatu, tergolong cukup susah. Banyak standar yang ditentukan agar sesuai dengan orang yang menggunakan.

Selain tampilan yang bagus, kenyamanan juga menjadi ukuran teratas dalam memilih sandal. Namun rupanya, masih banyak brand sandal yang tidak memiliki standar tersebut.

"Biasanya kalau sudah bagus, unik, atau lucu, dipakainya nggak nyaman. Begitu pun sebaliknya," ujar owner Kapsoora, Katherine Laksmana. Kapsoora adalah sebuah brand sandal lokal Surabaya. 

Hal itu yang kemudian ingin diwujudkan Kapsoora dalam membuat sandal. Tidak hanya mengikuti tren, namun juga nyaman ketika dipakai. 

Dari tujuh series yang telah dirilis sejak Februari 2021 lalu, series Kathee menjadi best seller lantaran paling banyak dicari. 

"Karena kami sangat mengikuti tren yang sedang berkembang saat ini, pemilihan warna pun kami perhatikan. Untuk series Kathee, kami menyediakan dalam tujuh warna di antaranya, soft yellow, hitam, lilac, putih, dark green, sage green, dan salmon pink," papar Katherine. 

Meski bentuknya terlihat besar, namun series Kathee ini tergolong sandal yang ringan. Sehingga ketika dipakai seharian tidak membuat lelah. 

"Kami menggunakan sol seluruhnya di-built up sendiri dengan insole setebal dua sentimeter. Jadi nggak betul-betul flat, bikin nyaman, dan cuma kami yang punya," terangnya. 

Paling menarik dan membedakan Kapsoora dari brand lainnya adalah, mereka menggunakan bahan vegan leather yang lebih ramah lingkungan. 

"Kami juga mengajak serta local artisant untuk memproduksi sandal-sandal di Kapsoora. Seperti bentuk kepang pada series Kathee ini, semuanya dikerjakan secara manual. Kemudian untuk kualitas sandal, kami biasa mencobanya secara langsung lima atau enam bulan sebelum rilis," jelasnya. 

Menjelang Idulfitri, Kapsoora juga mengeluarkan series baru bernama Amora dengan jumlah terbatas.

"Jadi hanya akan ada selama stoknya masih ada. Kalau habis, kami nggak akan produksi lagi," tutur Katherine

Amora hanya tersedia dalam tiga tipe, yang mana masing-masing tipe memiliki dua warna yaitu, khaki-black, sage-dark green, dan white-dark green. 

Warna-warna ini dipilih sesuai dengan tema Idulfitri. Juga modelnya lebih simpel, sehingga sangat cocok digunakan untuk berkunjung ke rumah saudara. 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved