Eri Cahyadi: Jadi Wali Kota Surabaya, Nilai Enaknya Cuma di Angka 4

Bagi Eri Cahyadi, menjadi Wali Kota Surabaya, takaran enaknya hanya ada di angka 4. Ia merasa lebih banyak tidak enaknya.

Penulis: Akira Tandika
Editor: Akira Tandika
SURYA/Saiful Sholichfudin
Wawancara Eksklusif News Director Tribun Network sekaligus Pemred Harian Surya, Febby Mahendra Putra bersama Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi di ruang kerja Balai Kota Surabaya, Jumat (28/5/2021). 

SURYAWIKI, SURABAYA - Bagi Eri Cahyadi, menjadi Wali Kota Surabaya, takaran enaknya hanya ada di angka 4. Ia merasa lebih banyak tidak enaknya.

Sering kali, ia merasa khawatir tentang hal-hal yang ia putuskan. Apakah kebijakan yang diambil untuk masyarakat sudah tepat.

"Saya ambil kasus untuk masalah pendataan. Untuk mencatat golongan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), saya ikut libatkan RT hingga lurah," terangnya.

Meski begitu, Eri mengakui bahwa menjadi wali kota merupakan posisi yang menantang.

Ia sudah terlatih mengatur rencana bahkan sejak masih menjabat sebagai Kepala Bappeko.

"Sejak di sana saya sudah terbiasa merencanakan banyak hal seperti, semua warga harus tercover BPJS. RT/RW menjadi garda terdepan. Pelayanan administrasi kependudukan, termasuk perizinan berhenti di kelurahan. Ketika saya diamanahin, itu semua saya jalankan," paparnya.

Perbedaan lain yang ia rasakan setelah menjadi wali kota adalah jam kerja yang semakin tidak jelas. Tiap waktu, dia harus keluar (turba), sekalipun itu malam hari.

"Sebelum jadi wali kota, saya biasa pulang pukul 22.00. Namun sejak menjadi wali kota, Alhamdulillah pulangnya jadi pukul 01.00," ujar Eri.

Bukan tanpa alasan. Eri kerap pulang pada pukul 01.00 lantaran setelah bekerja, ia masih harus memberi evaluasi pekerjaan rekan lainnya. Termasuk menyelesaikan masalah untuk dikerjakan keesokan harinya.

"Masalahnya banyak. Kalau nggak segera diselesaikan, sistem kerja lainnya ikut terhambat," tandas Eri.

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved