Heart Made Wadahi Emosi dan Impian Teman-teman di Pondok Hayat Lewat Seni

Dua mahasiswi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen Petra Surabaya memberi wadah bagi teman-teman di Pondok Hayat untuk ekspresikan emosi

Penulis: Akira Tandika
Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/akira tandika
Aktivitas mahasiswa UK Petra Surabaya di Pondok Hayat 

SURYAWIKI, SURABAYA - Dua mahasiswi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen Petra Surabaya, Anastasya Olivia Santoso dan Valmay memberi wadah bagi teman-teman di Pondok Hayat untuk mengekspresikan emosi dan impian melaui karya seni.

Tergabung dalam Heart Made, baik Natasya maupun Valmay, menggelar sebuah charity exhibition untuk memamerkan karya ibu-ibu dan anak-anak yang ada di Pondok Hayat.

"Di sana, banyak ibu-ibu yang hamil di luar nikah dan anak-anak tanpa orang tua yang tidak dapat menyuarakan isi hati dan kepalanya pada masyarakat," terang Anastasya.

Lewat karya tersebut, Heart Made mencoba membantu ibu-ibu dan anak-anak untuk menceritakan kembali kisah yang mereka lalui.

Bagi Anastasya, terlepas dari stigma yang disematkan masyarakat, mereka tetap manusia yang memiliki perasaan dan karakter berbeda, hobi, cita-cita dan latar belakang yang membentuk karakter tiap individu.

"Mereka adalah pribadi yang pantas didengarkan dan didengar ceritanya," tuturnya.

Misalnya saja, karya sulam yang dibuat oleh ibu-ibu dari Pondok Hayat. Karya sulam tersebut, terdiri dari empat warna dominan yang menyiratkan arti.

Dalam caption yang ditulis sebagai keterangan karya, meski cerita tersebut tidak diceritakan secara langsung, namun penggunaan warna menggambarkan personality dan ekspresi mereka secara sempurna.

Meski berjudul charity exhibition, tidak ada prosesi jual-beli dalam pameran tersebut. Anastasya, murni ingin memamerkan emosi dan impian teman-teman di Pondok Hayat.

Alasannya, karya-karya tersebut merupakan kisah yang harus diabadikan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved