KKN UKDC Bantu Meminimalisir Penyebaran Covid-19 di Surabaya

Dalam menunjukkan kepedulian akan pandemi COVID-19, mahasiswa Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) melakukan beberapa kegiatan saat kegiatan KKN

Editor: eben haezer
ist
Mahasiswa UKDC Surabaya berbagi masker saat kegiatan pengabdian masyarakat di Surabaya 

SURYAWIKI, SURABAYA - Pandemi COVID-19 merupakan hal yang menjadi sorotan sampai saat ini, dimana sebagian masyarakat sudah menganggap remeh karena merasa tak kunjung ditemukan titik penyelesaiannya.

Padahal, seharusnya masyarakat saling bekerja sama untuk menjaga dan melindungi sesama agar pandemi ini tidak semakin merebak.

Dalam menunjukkan kepedulian akan pandemi COVID-19, mahasiswa Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) melakukan beberapa kegiatan saat kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tiga lokasi, yaitu RT 06-RW 02 Kebraon GG. 5, RT 01-RW 09 Griya Kebraon Barat, RT 03-RW 05 Kapasari GG. 2, Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan terhitung sejak bulan Februari hingga Mei 2021.

Setiap lokasi memiliki cara mereka sendiri dalam membantu masyarakat, tetapi tetap mengusung tema “Melindungi Sesama dengan Menjadikan Kesehatan sebagai Hal yang utama di Tengah Pandemi COVID-19”. Hal ini menjadi sorotan bagi warga setempat apalagi kegiatan KKN kali ini dilakukan sedikit berbeda dari pada umumnya.

Pembagian masker dan handsanitizer menjadi kegiatan yang dilakukan bersamaan di ketiga lokasi KKN dan merupakan kegiatan pokok. Hal yang memang umum dilakukan, namun sebagai pengingat di saat masyarakat mulai tak peduli, baik pada dirinya sendiri maupun sesama terlebih soal pandemi ini.

Tidak berhenti disitu, masih ada kegiatan yang dilakukan sebagai wujud kepedulian  dalam bentuk yang lain. Tambahan itu seperti mengecat tembok, membagikan bibit-bibit tanaman serta membantu di posyandu. Kegiatan yang disesuaikan berdasarkan pengamatan peserta KKN dalam membantu memenuhi apa yang dibutuhkan di setiap lokasinya.

Warga setempat sempat merasa sangat terbantu dengan diadakannya kegiatan ini, terlebih bagi kaum kecil yang kesulitan dalam hal membeli masker akibat kendala biaya, apalagi masker kini menjadi sangat penting.

“Terimakasih banyak atas bantuan yang diberikan mahasiswa melalui kegiatan KKN ini, sehingga banyak warga setempat yang terbantu dalam hal menggunakan masker dan selalu menerapkan protokol Kesehatan selama masa pandemi ini” ujar ketua RT setempat.

Adapun beberapa warga yang merasa sangat terbantu dan berterimakasih dengan kegiatan yang dilakukan. “Makasih ya nak, saya dimudahkan beberapa hari kedepan karena sudah ada masker,” ucap salah satu tukang penjual barang rongsokan. Tepat disebelah warga tersebut, sepasang suami istri yang tunawisma sekaligus tunarungu dengan menggunakan Bahasa isyarat mengucapkan kata terima kasih.

Kegiatan ini cukup sederhana, namun dapat meningkatkan kepekaan kepada sesama yang dimulai dari lingkungan terdekat. Berharap melalui ini masyarakat dapat diingatkan kembali, karena semakin peduli masyarakat menjaga kesehatan, maka semakin kecil skala penularan Covid-19.

 

Penulis : Paulina Prasethio, mahasiswa UKDC Surabaya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved