Unitomo Terbiasa Jalankan e-Learning Sejak Awal 2017

Siti Marwiyah berencana untuk menjadikan Unitomo menjadi smart campus. Salah satu program yang telah diterapkan adalah e-learning.

Penulis: Akira Tandika
Editor: Akira Tandika
surabaya.tribunnews.com/Saiful Sholichfudin
Rektor Unitomo, Siti Marwiyah 

SURYAWIKI, SURABAYA - Memimpin sebuah kampus di tengah pandemi COVID-19 menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Rektor Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya Dr Siti Marwiyah SH MH.

Menurutnya, jika sebelum pandemi kampus sudah terbiasa menjalankan strategi luar biasa. Namun saat ini, hal itu saja tidak cukup.

"Tak hanya strategi bagus. Kalau strategi itu tidak sejalan dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah pun, tak akan berjalan mulus," terang Siti dalam wawancara eksklusif bersama Wakil Pemimpin Redaksi Harian Surya Tri Mulyono.

Maka, sebagai rektor perempuan pertama di Unitomo, Siti berencana untuk menjadikan Unitomo menjadi smart campus dengan proses pelayanan kepada mahasiswa, pembelajaran, administrasi, dan tri dharma lain, yang harus sudah terdigitalisasi.

Salah satunya adalah program e-learning, yang ternyata sudah diterapkan Unitomo sejak 2017 lalu. Pada tahun itu, Unitomo sudah menerapkan e-learning meski hanya sebesar 40 persen.

"Itu artinya, kami sudah terbiasa dengan pembelajaran tanpa tatap muka. Sehingga, ketika adanya pandemi, kami sudah siap dibanding perguruan tinggi lain yang belum pernah melaksanakan itu," tuturnya.

Meski tergolong dalam kampus yang lebih siap, Unitomo juga sempat merasa kesusahan dalam menerapkan e-learning saat pandemi. Karena tidak semua elemen di kampus siap untuk itu.

"Maka, sebisa mungkin kami memperbaiki sistem tersebut, agar proses belajar mengajar tidak terganggu," ujarnya.

Selain kesehatan, pandemi membuat pertumbuhan ekonomi di Indonesia mengalami penurunan. Sementara, mahasiswa yang baru saja lulus berharap untuk segera mendapatkan pekerjaan.

Hal ini kemudian disikapi Unitomo dengan mengubah kurikulum untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih siap di lapangan.

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved