Mahasiswa UKDC Ajak Warga Manfaatkan Waktu di Rumah Saja Untuk Budidaya Hidroponik

Mahasiswa KKN UKDC Surabaya mengajak warga desa untuk memanfaatkan waktu selama di rumah saja untuk melakukan budidaya hidroponik

Editor: eben haezer
Fransiskus Xaverius Jonathan
Sayuran yang ditanam secara hidroponik 

SURYA.co.id | SURABAYA - Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Katolik Darma Cendika 2021 mengadakan kegiatan penanaman Hidroponik bersama warga desa di Baamang Tengah, kota Waringin Timur, Kalimantan Tengah. 

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan serta keterampilan warga desa memanfaatkan lahan yang tak terlalu luas. 

Apalagi pada dasarnya cara penanaman hidroponik sangat simpel, hanya memerlukan pipa dan system pengaliran air serta pemberian nutrisi . 

Kegiatan ini dilaksanakan seminggu sekali mulai dari penanaman bibit, lalu proses pemasukan ke dalam pipa, serta pemberian nutrisi pada tanaman dan melakukan pengamatan hingga tanaman hidroponik  siap dipanen. 

Kegiatan ini dilaksanakan mulai Maret 2021 atas persetujuan kepala RT setempat, Sya’ir.

Sya'ir mengatakan, di masa pandemi banyak warga desa yang tidak melakukan kegiatan dan banyak berdiam diri di rumah. Karena itu, dengan kegiatan ini, warga bisa memanfaatkan waktu secara positif. 

Dengan adanya kegiatan ini warga desa menambah wawasan bahwa bercocok tanam tidak selamanya mengunakan media tanah yang terkesan ribet dan hanya bisa dilakukan oleh yang berkompeten di bidangnya.


Penulis: Fransiskus Xaverius Jonathan

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved