Pelukis Rijaman Ajak Pulang Kampung Lewat Lukisan Pointilisme

Lewat lukisan beraliran pointilisme, pelukis Rijaman mengajak kita semua untuk "mudik melalui lukisan"

Editor: eben haezer
ist/artika rachmi farmita
Lukisan Rijaman yang beraliran pointilisme dipamerkan di area Food Junction – Grand Pakuwon, Surabaya 

SURYAWIKI, SURABAYA - Di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang belum terlihat membaik, banyak dari kita yang dengan sabar mengurangi mobilitas. Termasuk menahan diri untuk pelesir atau mengunjungi sanak-saudara di desa.

Padahal, kita sudah sangat merindukan hamparan sawah hijau yang membentang khas kampung halaman; suatu pemandangan yang menghilangkan penatnya kesibukan bekerja.

Inspirasi tak lekang waktu pedesaan itulah yang juga menjadi favorit pelukis pointilisme, Rijaman, dalam berkarya. Sebanyak 30 lukisan Pointilisme hasil buatannya dipamerkan di Food Junction – Grand Pakuwon sejak Sabtu, 26 Juni 2021 hingga sebulan ke depan.

Pelukis Rijaman yang sudah berkecimpung lebih dari 40 tahun itu menyatakan, ia paling sering melukis dengan obyek hutan lebat maupun pemandangan sawah, terutama saat petani sedang panen raya. Alasannya sederhana; karena ia tak mau membebani penikmat agar repot-repot menganalisa lukisan yang abstrak.

“Saya ingin orang bisa merasakan atau menikmati keindahan lukisan pointilisme dengan aneka ragam kegiatan yang terlukis di dalamnya. Nah, rata-rata pecinta lukisan mencari lukisan tentang kegiatan bekerja; bagaimana susahnya menyambung hidup untuk meraih kesuksesan demi masa depan. Nggak yang ruwet-ruwet,” tuturnya melalui rilis tertulis. 

Harapannya, lukisan tentang sawah secara tersirat menularkan kegembiraan dan kesederhanaan hidup di pedesaan bagi orang-orang kota.

Mengutip George Seurat, maestro pointilisme asal Prancis, seorang pelukis dapat menggunakan warna untuk menciptakan harmoni dan emosi dalam seni. Maka tak berlebihan jika Rijaman ingin mendekatkan seni lukis aliran pointilisme yang jarang digeluti pelukis lain dan diketahui masyarakat tersebut.

Mengenal Lukisan Pointilisme

Lukisan Pointilisme ialah lukisan yang dibentuk dari sentuhan ribuan titik-titik warna. Berbeda dengan jenis lukisan biasa yang dibuat melalui sapuan kuas, ribuan titik dalam Pointilisme diciptakan secara harmoni menjadi lukisan yang artistik dan ekspresif.

“Kalau dilihat dari jarak tertentu, lukisan pointilisme akan terlihat naturalis. Tapi bila dilihat cukup dekat akan terasa kasar dan kabur,” ucapnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved