Sosok Jessica Eveline Tanoto, Lolos Program IISMA 2021 dan Siap Kuliah ke Portugal

Jessica Eveline Tanoto, mahasiswa FEB Ubaya berhasil lolos program IISMA 2021 dan berkesempatan belajar hingga ke Portugal

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/sulvi sofiana
Jessica Eveline Tanoto 

SURYAWIKI, SURABAYA - Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021 membuat mahasiswa berkesempatan untuk belajar selama satu semester di perguruan tinggi terkemuka di luar negeri. 

Selain bebas memilih perguruan tinggi luar negeri yang diminati, mahasiswa memiliki kesempatan mengambil mata kuliah di luar program studi mereka di perguruan tinggi luar negeri sebanyak maksimal 20 SKS.

Jessica Eveline Tanoto, mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Suabaya merupakan salah satu mahasiswa yang berhasil mendapat program ini.

Jessica, sapaan akrab mahasiswi semester empat ini mengatakan bahwa dirinya telah memilih ISAG European Business School di Portugal karena memiliki mata kuliah yang sesuai dengan keinginannya untuk belajar lebih dalam di bidang marketing.

“Saya tertarik untuk belajar marketing di negara Eropa karena mungkin mahasiswa disana lebih terekspos dengan hal-hal yang berbau digital. Sepulang dari ISAG European Business School, saya berencana ingin berbagi cerita, pengalaman dan memberikan saran yang membangun khususnya bagi FBE UBAYA untuk pengembangan kedepannya,” ujar mahasiswi berusia 19 tahun ini. 

Jessica menjelaskan bahwa mendapatkan beasiswa IISMA 2021 tidak mudah. 

Dirinya harus berebut kuota dengan mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama di Indonesia. 

Program IISMA hanya tersedia untuk seribu mahasiswa Indonesia yang lolos memenuhi syarat. 

"Sebelum mendaftar sebagai peserta, saya konsultasi perguruan tinggi luar negeri dan mata kuliah yang dipilih dengan Ketua Prodi Manajemen FBE Ubaya, Dr Deddy Marciano. Setelah memantapkan pilihannya, saya melakukan proses pendaftaran secara online," ungkap mahasiswi yang gemar menggambar ini.

Iapun harus memenuhi syarat yang  peserta, seperti memiliki kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan hasil tes IELTS, TOEFL ataupun Duolingo English Test.

Setelah dinyatakan lolos tahap seleksi, Jessica melakukan wawancara secara daring. 

"Selama proses pendaftaran hingga pengumuman pemenang IISMA 2021, saya selalu didukung dan didampingi oleh dosen-dosen FBE Ubaya,"ujarnya.

Mahasiswi yang akan berangkat ke Portugal bulan September ini menyampaikan bahwa kebijakan MBKM melalui program IISMA sangat mendorong generasi muda untuk belajar tidak hanya di dalam kampus sendiri, tetapi juga memperoleh ilmu dan pengalaman di luar kampus.

“Melalui program ini, saya percaya kedepannya akan banyak generasi muda yang termotivasi untuk menggali potensi diri semaksimal mungkin dan menggapai kesempatan yang ada. Termasuk saya, saya termotivasi ingin menginspirasi generasi muda di sekitar dalam meraih mimpi,” tutup Jessica.(sulvi sofiana)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved