Kenang Sang Ayah, Seniman Alfajr Xgo Bikin Doodle Art dengan Media Bungkus Rokok

Seniman asal Surabaya, Alfajr Xgo membuat project karya seni gambar doodle pada media bungkus rokok sebagai penghiburan setelah kehilangan Sang Ayah.

Editor: Akira Tandika
SURYA/Habibur Rohman
LAMPIASKAN KESEDIHAN - Seniman Alfajr Xgo menunjukkan ratusan kreasi karyanya berbahan bungkus rokok di Studio Bunuh Diri di Surabaya, Sabtu (3/7/2021). Karya seni 'pack' rokok ini ditargetkan hingga 1.000 bungkus dan rencana dijadikan sebagai 'Puzzle'. 

SURYAWIKI, SURABAYA - Seniman asal Surabaya, Alfajr Xgo membuat project karya seni gambar doodle pada media bungkus rokok. Project itu sebagai penghiburan untuk Xgo setelah kehilangan Sang Ayah.

Hal itu yang membuatnya melampiaskan dengan berkarya seni doodle pada media bungkus rokok. Bukan tanpa alasan, Xgo menggunakan media bungkus rokok lantaran ayahnya merupakan perokok aktif.

"Dari bungkus rokok ini aku ingin menyampaikan pesan bahwa rokok ini bahaya jika dikonsumsi (karena ayahnya sakit paru-paru basah)," ujar Xgo saat ditemui di Bunuh Diri Studio kawasan Bratang Gede Surabaya, Sabtu (3/7/2021).

Ia mulai dengan mengumpulkan bungkus rokok di sekitar rumahnya seperti, dari warung, coffe shop, hingga tempat sampah.

"Dari proses saya mencari bungkus rokok ternyata banyak dari teman-teman yang tanya mau dipakai untuk apa. Setelah saya jelaskan, mereka kemudian banyak yang ikut menyumbang bungkus rokok," terangnya.

Setelah terkumpul, Xgo mulai mengupas bagian luar bungkus rokok hingga tersisa bagian yang berwarna putih.

"Saya mengupasnya nggak pakai alat, hanya menggunakan kuku saja. Justru karena menggunakan kuku, proses mengupas kemasan lebih mengasyikkan," tuturnya.

Proses berlanjut pada tahap menggambar doodle dengan menggunakan berbagai warna spidol marker yang tahan air.

Selain gambar, Xgo juga menambahkan pesan dari isi hatinya berupa kalimat yang ditulis pada bagian belakang rokok.

Kalimat seperti, "Hari ini Aku Bahagia, Aku Bermimpi Tentang Ayah", sengaja ia tulis untuk menggambar perasaan pada sang ayah.

Sumber: Surya
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved