Kominfo dan GNLD Siberkreasi Buka Kelas Cakap Digital untuk Tingkatkan Literasi

Kominfo bersama GNLD Siberkreasi kembali membuka Kelas Cakap Digital untuk meningkatkan literasi digital masyarakat.

Penulis: Akira Tandika
Editor: Akira Tandika
Dok. Pribadi
Kominfo dan GNLD Siberkreasi Buka Kelas Cakap Digital untuk Tingkatkan Literasi 

SURYAWIKI, SURABAYA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali membuka Kelas Cakap Digital untuk masyarakat. Tujuannya, untuk dapat meningkatkan literasi digital masyarakat, terutama di kondisi pandemi seperti saat ini.

Hal ini sebagai bentuk dukungan pada rencana pemerintah untuk meminimalkan konten negatif di Internet dan terus diisi dengan konten dan kegiatan positif.

"Dengan adanya kemampuan literasi digital yang baik dan dukungan dari masyarakat, maka kami dapat mengoptimalkan hal positif dari penggunaan internet," terang Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi melalui siaran pers yang diterima, Selasa (6/7/2021).

Dedy menyebutkan, hal lain yang didapat masyarakat dengan memanfaatkan hal positif dari internet adalah dapat meningkatkan literasi. Terutama bagi para UMKM yang harus bertahan di tengah pandemi.

Kelas Cakap Digital, bentuk kolaborasi Kominfo dan GNLD Siberkreasi akan kembali membuka kelas baru dengan periode pendaftaran 17 Juni hingga 8 Juli 2021.

"Periode yang sekarang tentu berbeda dengan sebelumnya. Karena saat ini kami juga menggandeng KUMPUL untuk melaksanakan kegiatan di lima kota besar lainnya," imbuh Dedy.

KUMPUL akan membagi pelaksanaan Kelas Cakap Digital untuk digelar di area mitranya di beberapa kota seperti, Kembali Innovation Hub untuk penyelenggaraan pada 27 hingga 31 Juli di Bali, Satu Atap Coworkshare untuk penyelenggaraan pada 3 hingga 7 Agustus di Surabaya, Kolektif Co. Space untuk penyelenggaraan pada 3 hingga 7 Agustus di Yogyakarta, The Greater Hub untuk penyelenggaraan pada 10 hingga 15 Agustus di Bandung, dan Impala Network untuk penyelenggaraan pada 16 hingga 21 Agustus 2021 di Semarang.

Dedy menambahkan, kemampuan literasi digital dapat ditumbuhkan dan dikembangkan dengan mengikuti beragam kelas. Termasuk kelas-kelas literasi digital yang akan diselenggarakan Kominfo dan GNLD Siberkreasi di 514 kabupaten/kota maupun bersama mitra-mitra jejaring Siberkreasi lainnya.

Dalam kelas tersebut akan diajarkan mengenai kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital.

"Dengan begitu, harapannya Indonesia dapat segera mempercepat transformasi digital nasional khususnya terkait pengembangan sumber daya manusia," ujar Dedy.

Ia melanjutkan, Kelas Cakap Digital Siberkreasi X KUMPUL dapat menjadi salah satu akses edukasi literasi digital di seluruh Indonesia dengan menciptakan ribuan penggerak literasi di Indonesia.
"Dengan adanya Kelas Cakap Digital ini, masyarakat khususnya generasi muda diharapkan dapat memanfaatkan internet dengan cakap, bijak, dan aman," harapnya.

Kelas Cakap Digital Siberkreasi X KUMPUL terbuka bagi seluruh masyarakat lantaran dapat diikuti secara gratis.

Akan ada workshop yang terdiri dari empat pilar yakni, keamanan digital (privasi data), etika digital (kredit dan hak cipta di media digital), budaya digital (gaya hidup digital dan integrasi kultur Indonesia di media digital), dan kecakapan digital (strategi & produksi konten di media sosial).

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved